Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Pisang Cavendish yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 15/11/2022, 10:31 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisang cavendish merupakan salah satu komoditas tanaman yang banyak dibudidayakan. Buah pisang ini berbeda dengan jenis pisang lainnya.

Perbedaan tersebut bisa dilihat dari ciri fisik maupun fase pertumbuhan tanaman ini. Dikutip dari buku Budidaya Pisang Cavendish Berpeluang Menjanjikan, Selasa (15/11/2022), berikut ini ciri-ciri pisang cavendish yang perlu diketahui.

Baca juga: Cara Memperoleh Bibit Pisang Cavendish

Warna kulit pohon pisang cavendish

Bibit pisang cavendish memiliki kulit pohon yang berwarna hijau sedikit gelap. Tak hanya itu, kulit pohon juga memiliki corak hitam kemerahan.

Ilustrasi pohon pisang Cavendish, menanam pisang Cavendish. SHUTTERSTOCK/PP1 Ilustrasi pohon pisang Cavendish, menanam pisang Cavendish.

Daun pisang cavendish

Daun yang tumbuh pada bibit pisang cavendish memiliki jarak yang berdekatan. Bentuk daun ini lebar dan tidak terlalu panjang.

Pada bagian daun terdapat bercak berwarna merah gelap ketika masih kecil. Setelah daun mulai besar, bercak tersebut mulai menghilang. Sementara itu, pada bagian belahan tangkai daunnya terdapat corak berwarna merah muda.

Baca juga: Cara Menanam Pisang Cavendish untuk Panen yang Maksimal

Ukuran buah

Tanaman pisang cavendish umumnya sudah berbuah kurang lebih 1 tahun. Ketika dipanen, ukuran buah pisang cavendish lebih kecil dibandingkan pisang ambon.

Kulit buah

Kulit buah pisang cavendish saat sudah matang berwarna kuning bersinar. Selain itu, serat buah ini juga lembut sehingga rasanya enak.

Jumlah anakan

Sama halnya dengan pohon pisang pada umumnya, tanaman pisang cavendish juga memiliki anakan. Pada satu pohon pisang cavendish terdapat 6 anakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com