Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bunga Lavender di Pot, Bisa untuk Hiasan di Rumah

Kompas.com - 21/12/2022, 13:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Lavender merupakan salah satu bunga yang memiliki warna mencolok. Bunga ini identik dengan warna ungu yang indah.

Padahal, lavender memiliki banyak jenis dengan warna yang berbeda-beda. Selain warnanya, daya tarik dari bunga ini juga bisa dilihat dari bentuknya.

Bunga ini memiliki kuntum berbentuk spiral yang permukaannya terdapat bulu-bulu lembut. Penampilan yang cantik dan menarik, membuat banyak orang menjadikan bunga lavender sebagai tanaman hias di rumah.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Bunga Mawar dari Batang

Cara menanam bunga lavender ternyata tidak sulit. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (21/12/2022), berikut tata cara menanam bunga lavender di pot.

Ilustrasi lavender.PIXABAY/Mouse23 Ilustrasi lavender.

Memilih benih

Sebelum mulai menanam bunga lavender, Anda perlu menyiapkan benih terlebih dahulu. benih yang digunakan harus berkualitas agar tanaman tumbuh dengan baik.

Menyiapkan media tanam

Persiapan media tanam diawali dengan menyiapkan pot yang akan digunakan untuk menanam bunga lavender. Pastikan bagian bawah pot sudah berlubang agar drainase tetap lancar.

Baca juga: Mudah, Begini Cara Menanam Bunga Krisan di Halaman Rumah

Setelah itu, gunakan styrofoam dengan ketebalan kurang lebih 5 cm sebagai alasan. Styrofoam ini berguna untuk menjaga kelembapan agar tetap sesuai untuk pertumbuhan bunga lavender.

Berikutnya, campurkan tanah, kompos atau sekam padi, dan pasir (perbandingan 1:1:1). Lalu, masukkan media tanam tersebut ke dalam pot. Anda juga dapat menggunakan batu pasir putih sebagai tambahan media tanam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com