Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Varietas Bunga Mawar yang Memiliki Karakter Unggul

Kompas.com - 09/10/2022, 19:46 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mawar merupakan bunga yang banyak disukai karena memiliki tampilan indah dan harum. Selain ditanam sebagai tanaman hias, mawar juga sering  dibudidayakan untuk tujuan komersil.

Bunga mawarmemiliki nilai ekonomi cukup besar, terutama jika kualitasnya baik. Kualitas bunga mawar sangat bergantung pada karakteristik yang dimilikinya seperti warna, kesegaran, aroma, hingga daya tahan terhadap hama dan penyakit.

Karakteristik setiap varietas mawar berbeda-beda. Dikutip dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Hortikultura, Minggu (9/10/2022), berikut beberapa varietas bunga mawar yang potensial dan memiliki karakter unggul.

Baca juga: Cara Stek Bunga Mawar agar Cepat Tumbuh

1. Sweet avalan

ilustrasi bunga mawarPEXELS/PIXABAY ilustrasi bunga mawar

Varietas bunga mawar pertama adaalah sweet avalan. Bunga mawar ini berwarna merah muda.

Saat mekar, mawar sweet avalan memiliki diameter sekitar sembilan meter dengan petal bunga cukup tebal, yakni sekitar 0,48 mm. Tangkai bunganya juga panjang, memiliki daun hijau mengkilap, serta benang sari berwarna putih.

2. Mahona

Mahona merupakan bunga mawar berwarna kuning cerah dan batang kokoh. Petal bunga ini kaku dan tebal dengan tangkap panjang serra serbuk sari yang banyak.

Diameter bunga mawar mahona saat mekar sekitar 8,5 sentimeter. Kepala putih tersusun rapi dan jumlah duri pada batang sedikit.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Mawar agar Berbunga Banyak

3. Luna

Selanjutnya, jenis bunga mawar yang memiliki karakter unggul adalah luna. Bunga mawar ini berwarna merah cerah dengan posisi petal tegak, kaku, dan rapi.

Tangkai bunga panjang, jumlah durinya sedikit. Polen atau serbuk sarinya banyak dengan warna benang sari merah. Vase life bunga ini cukup lama, yaitu lebih dari tujuh hari.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com