Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Sayuran Buah yang Mudah Ditanam dan Nilai Ekonomisnya Tinggi

Kompas.com - 03/07/2023, 09:59 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sayuran buah menjadi salah satu komoditas pertanian yang banyak dibudidayakan. Bahkan, jenis sayuran ini banyak ditanam di daerah perkotaan karena relatif mudah tumbuh dan minim perawatan.

Selain itu, nilai ekonomis sayuran ini juga cukup tinggi. Lantas, apa saja jenis sayuran buah yang mudah ditanam dan memiliki nilai jual tinggi? Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.
Jenis sayuran buah

Sayuran buah adalah tanaman sayur yang menghasilkan buah. Nantinya, buah tersebut yang akan dipanen dan dikonsumsi. Mengutip dari buku Bertanam Sayuran Buah, Senin (3/7/2023), berikut ini beberapa jenis sayuran buah yang nilai jualnya cukup tinggi.

Baca juga: Budidaya Paprika Hijau, Sayuran Buah yang Prospeknya Bagus

1. Tomat

Tanaman tomat termasuk sayuran buah yang nilai jualnya tinggi. Hal tersebut dikarenakan sayuran ini banyak disukai.

Ilustrasi menanam tomat, budidaya tomat dengan mulsa plastik. SHUTTERSTOCK/PIRUNPON Ilustrasi menanam tomat, budidaya tomat dengan mulsa plastik.

Rasa sayuran ini enak, segar, dan sedikit asam. Selain itu, budidaya tomat juga tidak sulit. Bahkan, sayuran ini bisa ditanam di lahan sempit menggunakan polybag atau sistem hidroponik.

2. Terong

Selain tomat, terong juga termasuk sayuran buah yang banyak disukai. Sayuran ini memiliki daging bertekstur kenyal dan tidak berair.

Kulit buah ini liat, namun saat digigit terasa renyah. Rasanya enak dan kandungan vitamin yang tinggi membuat banyak orang menyukai sayuran ini.

Tanaman tergolong sebagai sayuran dataran rendah yang tumbuh semusim. Cara budidayanya tidak sulit, perawatannya pun relatif mudah.

Baca juga: Cara Menanam Terong Hijau agar Pertumbuhannya Maksimal

3. Cabai

Cabai merupakan salah satu jenis sayuran buah yang banyak dicari setiap hari. Harga jual sayuran ini sangat fluktuatif. Pada momen tertentu, biasanya harganya melambung tinggi, sehingga banyak petani tertarik untuk membudidayakan sayuran ini.

Meskipun demikian, untuk memperoleh cabai berkualitas dan bernilai jual tinggi, budidaya tanaman ini harus dilakukan dengan benar. Perawatannya juga harus maksimal agar tanaman dapat tumbuh dan berbuah dengan optimal.

Itulah beberapa jenis sayuran buah yang mudah ditanam. Selain ketiga jenis sayuran yang sudah disebutkan, masih ada beberapa jenis sayuran buah lain yang bisa ditanam di pekarangan rumah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com