Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Tomat Ceri dalam Pot, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 06/03/2023, 14:42 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tomat ceri adalah jenis tomat yang ukurannya kecil. Tomat ini biasanya disajikan sebagai topping makanan yang menambah cita rasa pada makanan tersebut.

Sama halnya dengan tanaman tomat lainnya, tomat ceri juga cukup mudah dibudidayakan. Bahkan, tomat ini bisa ditumbuhkan di dalam pot.

Mengutip dari situs The Royal Horticultural Society, Senin (6/3/2023), berikut ini cara menanam tomat ceri dalam pot agar tumbuh dengan baik dan panennya melimpah.

Baca juga: Cara Menanam Tomat Ceri agar Berbuah Banyak

Bahan dan alat

Hal pertama yang perlu dilakukan sebelum menanam tomat ceri yaitu menyiapkan bahan dan alat. Berikut beberapa hal yang dibutuhkan untuk menanam tomat ceri.

Ilustrasi tanaman tomat ceri.Shutterstock/Fotokostic Ilustrasi tanaman tomat ceri.

  • Pot berukuran 30 cm, ukuran pot yang besar akan mempermudah perawatan tanaman.
  • Kompos yang sudah terfermentasi sempurna.
  • Bibit tomat ceri varietas unggul.
  • Sekop dan gembor penyiraman.

Penanaman

Proses penanaman diawali dengan mengisi media tanam dalam pot. Kemudian tempatkan pot di daerah yang terkena sinar matahari.

Buat lubang tanam dan letakkan bibit pada lubang tanam tersebut, lalu tutup akar tanaman dengan tanah. Siram secukupnya sampai media tanam lembap.

Baca juga: Cara Menanam Tomat Ceri Hidroponik agar Buahnya Lebat

Perawatan tanaman

Tanaman tomat ceri membutuhkan air dalam jumlah cukup. Maka dari itu, perlu dilakukan penyiraman secara rutin terutama saat musim kemarau.

Selain itu, tambahkan juga pupuk untuk menunjang pertumbuhan tomat ceri. Jika ditemukan hama dan penyakit tanaman, lakukan pengendalian sedini mungkin agar serangannya tidak meluas.

Panen

Setelah buah tomat ceri matang ditandai dengan warnanya yang mulai merah, maka buah tomat tersebut sudah bisa dipetik. Sebaiknya petik buah tomat di pagi atau sore hari agar kesegarannya tetap terjaga.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com