Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Rosemary di Pot dengan Mudah dan Cepat Tumbuh

Kompas.com - 25/07/2023, 18:23 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rosemary adalah tanaman semak yang berasal dari wilayah Mediterania. Tanaman ini memiliki aroma yang harum.

Daun rosemary biasanya ditambahkan dalam berbagai olahan makanan yang membuat rasa serta aroma makanan tersebut semakin nikmat.

Meski bukan berasal dari Indonesia, tanaman ini bisa tumbuh di negara kita apabila dirawat dengan baik. Rosemary bahkan bisa tumbuh di dalam wadah pot.

Dikutip dari Savvy Gardening, Selasa (25/7/2023), berikut ini cara menanam rosemary di pot dengan mudah.

Baca juga: Cara Menanam Rosemary, Bisa Dipanen Berulang Kali

Persiapan benih

Ilustrasi daun Rosemary. PEXELS/NIKOLETT EMMERT Ilustrasi daun Rosemary.

Benih atau biji rosemary bisa didapatkan di toko pertanian terdekat. Pastikan benih tersebut berasal dari varietas unggul.

Benih juga harus murni atau tidak tercampur dengan benih tanaman lain. Benih yang sehat dan memiliki daya kecambah tinggi juga sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini.

Cara menanam rosemary di pot

Pot yang hendak digunakan untuk menanam rosemary harus memiliki dasar yang kuat dna berlubang agar drainase tetap lancar. Setelah itu, isi pot dengan media tanam yang subur.

Kemudian, buat lubang tanam dan letakkan benih dalam lubang tanam tersebut. Berikutnya, tutup tipis lubang penanaman dengan media tanam. Terakhir, lakukan penyiraman dan perawatan lainnya agar tanaman rosemary tumbuh subur.

Baca juga: Cara Menanam Daun Mint dari Biji dan Stek Batang

Cara panen rosemary

Tanaman rosemary yang tumbuh subur akan menghasilkan banyak daun. Cara panennya yaitu dengan memetik atau memotong daun satu persatu. Setelah itu, letakkan rosemary dalam wadah bersih.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com