Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Pisang Cavendish untuk Panen yang Maksimal

Kompas.com - 22/09/2022, 15:25 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pisang cavendish adalah salah satu jenis pisang yang banyak dikonsumsi masyarakat. Buah pisang cavendish lembut dan rasanya manis, sehingga cocok dikonsumsi bayi dan anak-anak.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Kamis (22/9/2022), berikut cara menanam pisang cavendish untuk hasil panen yang memuaskan.

1. Persiapan lahan

Persiapan lahan bertujuan untuk menentukan dan mempertimbangkan jenis lahan tanam dan jenis pengolahan tanah yang digunakan sehingga proses budidaya tanaman pisang cavendish mampu optimal.

Baca juga: Cara Membasmi Hama Ulat Penggulung Daun pada Tanaman Pisang

Ilustrasi pohon pisang Cavendish, menanam pisang Cavendish. SHUTTERSTOCK/PP1 Ilustrasi pohon pisang Cavendish, menanam pisang Cavendish.

2. Jenis lahan tanam

Pisang cavendish dapat ditanam pada tanah kering (tegalan) dan tanah persawahan (lahan sawah), waktu yang baik untuk pengolahan tanah di tanah kering pada akhir musim kemarau,sedangkan untuk tanah persawahan awal musim kemarau.

3. Jenis pengolahan tanah

Pengolahan tanah dapat menggunakan alat manual seperti cangkul dan mesin bajak. Untuk tanah dengan tingkat keasaman tinggi pH, yakni lebih dari 5, lakukan pemberian kapur dolomit dengan dosis 300 kg per hektar secara merata.

4. Pembuatan teras atau petakan dan saluran pembuangan air

Pembuatan teras diperlukan untuk permukaan tanah yang miring, lebar teras menyesuaikan kemiringan tanah pada area penanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com