Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keunggulan Pepaya California, Rasanya Manis dan Warnanya Menarik

Kompas.com - 20/12/2022, 17:06 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pepaya california merupakan salah satu varietas pepaya unggul di Indonesia. Walaupun bernama pepaya california, buah ini ternyata asli Indonesia.

Buah pepaya california merupakan buah hasil pemuliaan tanaman dari Pusat Kajian Buah-buahan Tropika Institut Pertanian Bogor dengan nama IPB-9. Nama asli buah ini yaitu pepaya calina.

Varietas pepaya ini memiliki sejumlah keunggulan. Dikutip dari buku Teknik Budi Daya Pepaya California, Selasa (20/12/2022), berikut beberapa keunggulan pepaya california yang membuat buah ini banyak disukai.

Baca juga: Mengenal Sejarah Pepaya California dan Karakteristik yang Dimiliki

Ukuran dan bentuk buah

Ilustrasi pepaya, buah pepaya FREEPIK/RACOOL_STUDIO Ilustrasi pepaya, buah pepaya

Buah pepaya california berukuran lebih kecil dibandingkan jenis pepaya lainnya. Bobot buah pepaya california rata-rata 1,3 kg/buah.

Pepaya california memiliki bentuk lonjong. Dengan demikian, secara bentuk pepaya ini tidak berbeda jauh dengan buah pepaya lain.

Warna dan rasa buah pepaya california

Daging buah california berwarna jingga kemerahan. Buah pepaya ini memiliki rasa yang menarik dengan tingkat kemanisan sekitar 10 hingga 11 brix. Sementara itu, kulit buah ini tebal dan mulus.

Baca juga: Budidaya Pepaya California di Lahan Kering agar Buahnya Banyak

Bentuk pohon pepaya california

Pohon pepaya california lebih pendek dibandingkan dengan pohon pepaya lainnya. Tinggi maksimal pohon california ini hanya sekitar 2 meter.

Itulah sejumlah keunggulan pepaya california yang membedakannya dengan jenis buah pepaya lainnya. Kini, pepaya california sudah mudah dijumpai bahwa sudah banyak petani yang menanaman varietas pepaya ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com