Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenis Traktor Pertanian untuk Menunjang Budidaya Tanaman

Kompas.com - 29/01/2023, 16:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Traktor adalah kendaraan yang biasanya digunakan untuk menggerakkan alat dan mesin pertanian. Penggunaan traktor dapat mempermudah pekerjaan di lahan budidaya, seperti pengolahan lahan dan panen.

Jenis traktor pertanian yang sering digunakan ternyata berbeda-beda. Dilansir dari Litbang Pertanian, Minggu (29/1/2023), berikut penjelasan selengkapnya.

1. Traktor besar

Traktor besar cukup mudah dikenali karena memiliki dua poros roda dan biasanya beroda empat atau lebih. Traktor ini biasanya digunakan di perkebunan yang areanya sangat luas.

Baca juga: Jenis-jenis Traktor yang Digunakan untuk Mengolah Lahan Pertanian

Penggunaan traktor besar di sawah dinilai kurang efisien karena ukuran petakan sawah relatif kecil dan harganya pun cukup mahal.

2. Traktor mini

Ilustrasi traktor roda duaPexels/Tom Fisk Ilustrasi traktor roda dua

Jenis traktor pertanian selanjutnya yaitu traktor ini. Sesuai dengan namanya, traktor ini memiliki ukuran cukup kecil. Meskipun kecil, traktor ini memiliki dua poros roda dan biasanya beroda empat.

Traktor ini umumnya digerakkan dengan motor diesel dua silinder atau lebih. Jenis traktor ini juga biasanya dilengkapi power take off dan three point hitch. Traktor jenis ini lebih banyak dimiliki petani.

Baca juga: 5 Jenis Alat dan Mesin Pertanian yang Mempermudah Pekerjaan Petani

3. Traktor tangan

Traktor tangan adalah alat pertanian yang mempunyai satu poros roda dan beroda dua. Traktor ini memiliki daya yang kecil. Biasanya, traktor tangan digerakkan oleh motor diesel silinder tunggal.

Itulah beberapa jenis traktor yang biasa digunakan dalam bidang pertanian. Pemilihan dan penggunaan jenis traktor pertanian bisa disesuaikan kebutuhan dan kondisi lahan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com