Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Merawat Pohon Durian Pendek agar Produktivitasnya Maksimal

Kompas.com - 08/03/2023, 15:01 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Budidaya durian pendek sebenarnya tidak sulit. Namun, agar tanaman durian tumbuh dengan baik maka kegiatan perawatan harus dilakukan dengan maksimal.

Cara merawat pohon durian pendek meliputi penyiraman, sanitasi lahan, penggemburan tanah, dan pemupukan. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (8/3/2023), simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Baca juga: Cara Membuat Pohon Durian Pendek dan Berbuah Besar

1. Penyiraman

Penyiraman harus dilakukan rutin terutama saat bibit baru ditanam. Selain penyiraman, pemeliharaan sistem drainase juga harus dilakukan dengan baik agar tanaman tidak tergenang.

Tanaman durian berbungaShutterstock/wuanxiang Tanaman durian berbunga

2. Sanitasi lahan

Cara merawat pohon durian pendek berikutnya yaitu sanitasi lahan. Area sekitar tajuk tanaman harus dibersihkan secara berkala. Tujuannya agar tidak terdapat tanaman liar yang berkompetisi dengan tanaman budidaya dan menjadi inang untuk hama maupun penyakit.

3. Penggemburan tanah

Tahan sekitar area budidaya akan memadat seiring berjalannya waktu. Maka dari itu, penting untuk melakukan penggemburan secara rutin.

Baca juga: Cara Menanam Pohon Durian Pendek agar Berbuah Lebat

Kegiatan ini berguna untuk menjaga sirkulasi udara dalam tanah. Penggemburan tanah sebaiknya tidak menggunakan cangkul karena bisa merusak akar. Sebaiknya gunakan garpu taman atau alat lain yang tidak berisiko merusak akar.

4. Pemupukan

Kegiatan pemupukan dilakukan untuk memastikan pohon durian mendapatkan nutrisi. Pemupukan pertama dilakukan saat tanaman berumur 3 bulan.

Pemupukan berikutnya dilakukan setiap 4 bulan sekali hingga tanaman berumur 3 tahun. agar pertumbuhan maksimal, sebaiknya berikan pupuk kompos setahun sekali.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com