Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Tips Memilih Durian yang Bagus dan Lezat

Kompas.com - 11/02/2023, 13:23 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Durian adalah salah satu buah populer di Indonesia. Banyak orang menggemari buah durian karena rasanya yang lezat dan aromanya khas.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Sabtu (10/2/2023), ada beberapa ciri-ciri buah durian unggul yang dapat diperhatikan. Pertama, buah durian unggul memiliki penampilan menarik.

Selain itu, durinya besar dan berbentuk piramida. Buah durian unggul pun memiliki bentuk elips dan beraturan, serta tidak memiliki belimbingan, kalaupun ada hanya samar-samar.

Baca juga: Simak, Tips Memperbaiki Kualitas Buah Durian

Ilustrasi buah durian.SHUTTERSTOCK/TAVEESAK SRISOMTHAVIL Ilustrasi buah durian.

Tangkai buahnya relatif pendek, serta daging buahnya berserat halus, pulen, kering, dan warnanya kuning madu (warna tembaga), tebal dan manis.

Pohon durian unggul biasanya bertajuk teratur atau indah, seperti piramida atau payung. Cabangnya banyak dan tumbuh beraturan, serta roduktivitas pohon tinggi dan tahan terhadap gangguan hama dan penyakit.

Agar dapat menikmati buah durian unggul yang rasanya nikmat, berikut beberapa tips memilih buah durian yang bagus dan lezat.

1. Lihat tangkainya

Durian yang jatuh dari pohon tangkainya bergerigi. Jika terlihat rata atau seperti dipotong, ada kemungkinan durian itu dipetik sebelum masak dan disimpan terlebih dahulu.

Baca juga: Cara Pembuahan Durian di Luar Musim ala Thailand

Selain itu, congkel sedikit kulit tangkainya dengan kuku, kalau kulitnya tebal, maka daging buahnya pun tebal juga. Bila bagian dalam kulitnya kuning, maka warna daging buahnya pun kuning juga.

2. Perhatikan kulit

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com