Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Jagung Manis di Pekarangan Rumah

Kompas.com - 26/09/2022, 19:05 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa sih yang tidak suka jagung manis, komoditas yang satu ini sering kita temukan hampir disetiap tempat wisata. Rasanya yang manis dan gurih membuat semua orang pasti menyukainya, apalagi jika dimakan saat masih hangat.

Peminat yang banyak membuat banyak orang tertarik untuk menanam tanaman ini. Cara menanam jagung manis ternyata tidak terlalu sulit, membuat siapa saja bisa menanam komoditas ini. Anda bahkan bisa menanam tanaman ini di pekarangan rumah.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (26/9/2022), berikut pedoman menanam jagung manis yang mudah di pekarangan rumah.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Jagung Manis agar Berbuah Besar di Lahan Gambut

Persiapan tanam

Tahap awal yang harus dilakukan sebelum menanam jagung manis yaitu menyiapkan benih jagung manis dan melakukan pengolahan lahan. Benih jagung manis dapat dibeli toko pertanian terdekat.

Ilustrasi jagung, jagung manis. PIXABAY/COERNL Ilustrasi jagung, jagung manis.

Pengolahan lahan pada budidaya jagung manis terbilang cukup mudah, karena lahan yang digunakan cukup dibalik supaya gembur. Bahkan ada teknik Tabela (tanam benih langsung) yang cukup membuat lubang tanam saja tanpa pengolahan lahan.

Penanaman

Cara menanam jagung manis sangat mudah. Setelah persiapan lahan selesai, masukan benih jagung manis pada lubang tanam sebanyak 1-2 benih.

Baca juga: Ciri-ciri Jagung Manis Siap Dipanen

Tutup lubang tanam dan tunggu sampai tanaman jagung tumbuh. Tanaman jagung akan mulai tumbuh 14 - 25 hari setelah tanam.

Perawatan

Tanaman jagung akan tumbuh dan berkembang dengan baik apabila dirawat dengan seksama. Perawatan pada jagung manis meliputi pemupukan, pengendalian organisme pengganggu tanaman, dan penyiraman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com