Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teknik Pemupukan Tanaman Jagung Manis yang Baik dan Benar

Kompas.com - 23/08/2022, 15:54 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Permintaan jagung manis terus tinggi. Hal ini sejalan dengan perkembangan industri kuliner yang membutuhkan jagung manis sebagai bahan baku.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Selasa (23/8/2022), untuk meningkatkan produksi dan panen, dalam budidaya jagung manis perlu dilakukan teknik pemupukan yang benar.

Sebelum proses penanaman benih tanaman dimulai, Anda perlu memerhatikan teknik pemupukannya terlebih dahulu. Beda tempat dan beda musim tanam, berbeda pula cara pemupukannya.

Baca juga: Ciri-ciri Jagung Manis Siap Dipanen

Ilustrasi tanaman jagung.UNSPLASH/KATHERINE VOLKOVSKI Ilustrasi tanaman jagung.

Misalnya, bagi Anda yang menanam jagung manis di sawah pada musim hujan, perawatan yang perlu diberikan pada tanaman tersebut agak berbeda dengan jagung manis yang ditanam di tegalan pada musim kemarau.

Pada setiap satu kali siklus penanaman, tanaman jagung manis perlu diberikan pupuk sebanyak tiga kali. Pertama, pemupukan dasar pada saat penanaman benih.

Kedua, pemupukan susulan tahap pertama ketika tanaman berumur 15 hari. Adapun ketiga, pemupukan susulan tahap kedua saat tanaman berusia 30 hari.

Berikut panduan pemupukan tanaman jagung manis yang baik dan benar untuk produksi yang optimal. 

Baca juga: Panduan Tepat Mengaplikasikan Pupuk untuk Jagung agar Buahnya Besar

1. Pemupukan dasar

Pada tahap pemupukan dasar, dosis pupuk yang tepat untuk tanaman jagung manis terdiri dari 500 kg petroganik, 150 kg pupuk Phonska, dan 75 kg pupuk urea untuk setiap hektar.

Pemberian pupuk dilakukan dengan cara ditugali persis di samping benih dalam barisan tanaman dengan jarak sekitar 10 sampai 15 cm. Tujuan pemupukan ini adalah untuk menyediakan unsur hara yang cukup bagi pertumbuhan benih jagung manis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com