Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Faktor yang Mempengaruhi Ketersediaan Fosfor Bagi Tanaman

Kompas.com - 19/11/2022, 17:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Fosfor adalah unsur kimia yang bisa menjadi bahan pembuatan pupuk tanaman. Sebagai pupuk, unsur kimia ini berguna untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (19/11/2022), manfaat fosfor untuk tanaman yaitu untuk memperkuat batang, mempercepat pematangan buah, dan menunjang perkembangan akar. Tak hanya itu, pupuk yang kaya fosfor juga bisa membantu meningkatkan ketahanan tanaman, sehingga tanaman tidak mudah sakit.

Fosfor merupakan unsur kimia yang tersedia di alam bebas. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi ketersediaan fosfor bagi tanaman. Berikut penjelasan selengkapnya.

Baca juga: Apa Itu Pupuk Fosfor dan Manfaatnya untuk Tanaman?

1. Kemampuan tanaman

Ilustrasi pupuk TSP atau triple super phosphate.SHUTTERSTOCK/RIPON BARUA Ilustrasi pupuk TSP atau triple super phosphate.

Beberapa jenis tanaman yang mempunyai perakaran serabut dan tunjang yang mempunyai kemampuan mengambil unsur hara, termasuk fosfor. Hal inilah yang dapat mempengaruhi ketersediaan fosfor.

2. Kemasaman tanah

Kelarutan senyawa fosfor bisa dipengaruhi oleh pH tanah. Fosfor bisa berasosiasi dengan Fe, Al, dan Mn yang memiliki kelarutan dalam air rendah. Logam-logam tersebut umumnya berada di tanah yang masam.

3. Tingkat lengas tanah

Peningkatan lengas tanah yang optimum akan meningkatkan ketersediaan fosfor bagi tanaman. Tanah yang mengandung banyak lengas akan mengurangi kandungan oksigen, sehingga dapat engungai pertumbuhan dan aktivitas akar.

Baca juga: Manfaat Fosfor untuk Tanaman Jagung dan Gejala Kekurangannya

4. Temperatur

Faktor lain yang mempengaruhi ketersediaan fosfor bagi tanaman yaitu temperatur. Tingkat temperatur yang terlalu tinggi atau rendah bisa membantu serapan fosfor oleh tanaman.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com