Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Efek Samping Pupuk Urea bagi Tanaman dan Lingkungan

Kompas.com - 14/09/2022, 15:21 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pupuk urea adalah pupuk anorganik yang tinggi kandungan nitrogen (N). Diketahui pupuk urea mengandung nitrogen sebanyak 45 hingga 46 persen. 

Karena kaya nitrogen, maka pupuk ini menjadi input penting dalam budi daya tanaman. Unsur hara tersebut berguna dalam pembentukan daun, sehingga secara tidak langsung pupuk ini memiliki peran penting dalam fotosintesis tanaman.

Meskipun bermanfaat untuk tanaman, namun aplikasi pupuk urea berlebih akan menyebabkan beberapa efek negatif untuk tanaman maupun lingkungan. Menurut penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, berikut beberapa efek samping pupuk urea yang perlu diketahui.

Baca juga: Efek Samping Pupuk Urea yang Terlalu Banyak untuk Tanaman, Apa Saja?

Ilustrasi pupuk urea. SHUTTERSTOCK/CRINIGER KOLIO Ilustrasi pupuk urea.

1. Biaya usaha pertanian membengkak

Urea merupakan pupuk penting dalam usaha pertanian. Namun, karena termasuk pupuk anogranik, maka petani tidak bisa membuatnya sendiri.

Hal inilah yang membuat modal bertani membengkak jika pemupukan urea dilakukan berlebih. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk melakukan perhitungan kebutuhan pupuk terlebih dahulu sebelum mulai menanam.

Dengan demikian, biaya usaha pertanian tidak terlalu tinggi.

2. Menyebabkan ketergantungan pada petani

Pupuk urea mengandung unsur hara makro yang diperlukan tanaman dalam jumlah banyak. Maka dari itu, pemberian urea pada tanaman akan membuat tanaman tumbuh dengan baik.

Baca juga: Apa Itu Pupuk Fosfor dan Manfaatnya untuk Tanaman?

Jika aplikasi pupuk dilakukan berlebih, maka hal tersebut dapat menyebabkan petani bergantung pada pupuk tersebut dan melupakan teknik budidaya lain yang menunjang.

3. Membuat tanaman menjadi rentan

Efek samping pupuk urea lainnya yaitu bisa menyebabkan tanaman menjadi rentan terhadap hama dan penyakit. Kondisi ini bisa menyebabkan kerugian pada petani dan membuat biaya produksi lebih tinggi karena petani harus mengendalian hama dan penyakit tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com