Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Budidaya Wortel yang Benar agar Panennya Melimpah

Kompas.com - 18/12/2022, 10:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Wortel merupakan salah satu sayuran umbi yang kaya vitamin A sehingga bermanfaat untuk menunjang kesehatan tubuh. Sayuran ini banyak disukai karena rasanya yang manis dan bisa diolah menjadi berbagai jenis menu makanan.

Peminat yang cukup tinggi membuat wortel menjadi komoditas sayur yang prospektif. Akan tetapi, untuk menghasilkan sayur wortel yang bernilai jual tinggi, teknik budidaya wortel harus dilakukan dengan benar.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (18/12/2022), berikut penjelasan seperti cara menanam wortel yang benar agar panennya melimpah.

Baca juga: Cara Menanam Wortel di Dataran Rendah dari Benih Berkualitas

Menyiapkan lahan

Ilustrasi menanam wortelShutterstock/OlegDoroshin Ilustrasi menanam wortel

Lahan yang akan digunakan untuk menanam wortel harus diolah terlebih dahulu. Setelah itu, buat bedengan yang ukurannya disesuaikan dengan luas dan kondisi lahan.

Penanaman

Tahapan budidaya wortel lainnya yaitu penanaman. Biji wortel dapat ditanam secara langsung di bedengan atau disemai terlebih dahulu kemudian dipindahkan ke lahan.

Perlu diketahui bahwa biji wortel berukuran sangat kecil, sehingga biji biasanya dicampur dengan lempung agar terbentuk butiran yang lebih besar dan mempermudah penanaman.

Baca juga: 5 Langkah Menanam Wortel dari Benih

 

Sementara itu, benih perlu direndam dalam fungisida maupun air panas untuk mencegah penularan patogen penyebab penyakit tular benih.

Biji tersebut kemudian ditanam pada bedengan sedalam 3 sampai 5 cm. Benih wortel kemudian ditutup tipis menggunakan tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com