Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Begini Cara Menanam Kentang untuk Pemula

Kompas.com - 27/11/2022, 10:39 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kentang merupakan tanaman pangan yang banyak ditanam di Indonesia. Tanaman kentang akan tumbuh dengan optimal pada daerah dengan ketinggian lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut.

Tahapan budidaya kentang tidak berbeda jauh berbeda dengan cara budidaya tanaman lainnya. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (27/11/2022), berikut ini tata cara menanam kentang untuk pemula yang mudah.

Baca juga: Cara Menanam Kentang yang Benar agar Umbinya Besar

Persiapan lahan

Lahan yang akan digunakan untuk menanam kentang harus diolah terlebih dahulu sampai gembur. Pengolahan lahan dilakukan untuk memperbaiki sirkulasi dan aerasi tanah, serta menghilangkan gas beracun dan panas hasil dekomposisi sisa tanaman.

Ilustrasi kentang, menanam kentang. SHUTTERSTOCK/NEDNAPA Ilustrasi kentang, menanam kentang.

Setelah itu, buat bedengan dan parit. Aplikasikan juga pupuk untuk meningkatkan bahan organik dan menghindari pemadatan tanah.

Penanaman

Cara menanam kentang diawali dengan membuat lubang tanam. Setelah itu, letakkan bibit ke dalam lubang tanam tersebut. Penanaman kentang bisa dilakukan dengan jarak tanam 70 x 30 cm.

Baca juga: Cara Menanam Kentang yang Benar, dari Pembibitan sampai Panen

Penyulaman

Setelah tanaman berumur 15 hari, melakukan penyulaman untuk mengganti bibit yang tidak mati atau pertumbuhannya tidak normal. Dengan melakukan penyulaman, maka populasi tanaman dalam satu lahan tetap maksimal.

Pengairan

Pengairan dilakukan secara rutin sesuai dengan kebutuhan tanaman. Pengairan juga berguna untuk membantu tanaman menyerap unsur hara dari tanah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com