Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panen dan Pasca-panen Wortel agar Kualitasnya Terjaga

Kompas.com - 22/10/2022, 08:50 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comWortel merupakan salah satu tanaman umbi yang banyak dijumpai di Indonesia. Biasanya, wortel banyak tumbuh di dataran tinggi.

Sayuran ini banyak disukai karena nilai gizinya yang tinggi dan bisa diolah menjadi berbagai menu masakan. Salah satu hal yang mempengaruhi kualitas wortel yaitu waktu pemanenan dan pengolahan pasca panennya.

Wortel harus dipanen tepat waktu agar umbinya tetap enak dan layak dikonsumsi. Pasalnya, umbi wortel yang sudah terlalu tua akan mengeras dan kualitasnya menurun.

Baca juga: 5 Langkah Menanam Wortel dari Benih

Hal tersebut juga berlaku pada pengolahan pasca panen wortel. Pengolahan yang tidak tepat akan membuat umbi wortel rusak, tidak tahan lama, dan akhirnya harga jualnya turun.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar waktu panen wortel, ciri tanaman wortel yang siap panen, dan pengolahan pasca panen wortel yang tepat. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ilustrasi panen wortelShutterstock/alicja neumiler Ilustrasi panen wortel

Panen wortel

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (21/10/2022), tanaman wortel umumnya bisa dipanen saat berumur 3-4 bulan. Ciri tanaman wortel yang siap panen yaitu daun mulai menguning dan diameter umbinya mulai membesar sekitar 2 cm atau lebih.

Pemanenan dilakukan saat pagi hari dengan cara membongkar tanaman wortel. Kemudian angkat umbi wortel bersama batangnya.

Baca juga: Cara Menanam Wortel dari Umbi Dalam Pot

Pasca panen wortel

Kualitas wortel juga sangat dipengaruhi oleh proses pasca panennya. Adapun beberapa kegiatan pasca panen tanaman wortel yang perlu dilakukan, seperti berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com