Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Sambung Pucuk Durian Anti Gagal

Kompas.com - 27/12/2022, 15:10 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Grafting atau sambung pucuk adalah teknik perbanyakan tanaman secara vegetatif dengan cara menyambung dua bagian tanaman, sehingga nantinya tumbuh menjadi bibit. Teknik perbanyakan ini dapat dilakukan pada berbagai jenis tanaman, tak terkecuali tanaman durian.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (27/12/2022), sambung pucuk durian memerlukan ketelitian dan persiapan khusus, sehingga bisa menghasilkan bibit tanaman yang unggul. Berikut tata cara sambung pucuk durian anti gagal.

Baca juga: Cara Okulasi Durian untuk Mendapatkan Bibit Unggul

Persiapan bahan dan alat

Bahan dan alat yang diperlukan untuk sambung pucuk hanya empat jenis. Bahan dan alat tersebut meliputi; pisau okulasi atau cutter yang tajam dan steril, plastik es lilin, batang bawah, dan batang atas.

Ilustrasi tanaman durianShutterstock/ME Image Ilustrasi tanaman durian

Persiapan batang atas dan batang bawah

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, sambung pucuk durian memerlukan batang atas dan batang bawah. Perhatikan beberapa hal berikut untuk mendapatkan batang atas dan bawah yang berkualitas.

1. Batang atas

Batang atas entres diperoleh dari tanaman unggul, produktif, dan sehat. Entres diambil dari cabang yang daunnya sudah tua, bagian ujungnya tidak sedang tumbuh, dan sudah muncul mata tunas.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menyambung Durian yang Benar

Setelah mendapatkan batang atas yang sesuai kriteria, potong batang tersebut dan pangkas daun sampai tersisa sedikit di bagian pangkal daunnya. Pemangkasan bertujuan untuk mengurangi penguapan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com