Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Durian Namlung agar Cepat Berbuah

Kompas.com - 01/11/2022, 18:30 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Durian namlung adalah varietas durian asli Bangka Belitung. Tanaman ini terkenal dengan ukuran yang besar dengan biji kecil hingga kempes.

Selain itu, durian namlung juga memiliki daging buah yang tebal, tekstur lembut, manis, dan pulen sedikit pahit. Cara tanam durian namlung agar cepat berbuah tidak sulit.

Dilansir dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Kepulauan Bangka Belitung, Selasa (1/11/2022), berikut penjelasannya.

Baca juga: 4 Varietas Durian Lokal yang Memiliki Sifat Unggul

Memilih lokasi penanaman

Tanaman durian akan tumbuh dengan baik pada lahan dengan ketinggian tidak lebih dari 800 meter di atas permukaan laut. Tanah berbukit yang kemiringannya di atas 15 derajat sangat cocok untuk menanam buah ini.

Pohon durianShutterstock/manatthailand Pohon durian

Sebaiknya, durian namlung ditanam pada daerah dengan intensitas matahari 60 hingga 80 persen. Tanah dengan pH 6 sampai 7 juga cocok untuk menanam durian ini.

Menyiapkan bibit

Bibit varietas durian lokal yang ditanam harus memiliki kriteria, seperti; sehat, daunnya banyak, tumbuh kokoh dengan percabangan 1 sampai 4 arah, dan bebas hama maupun penyakit.

Baca juga: Simak, Begini Cara Menanam Durian agar Cepat Berbuah

Cara menanam

Cara menanam durian agar cepat berbuah diawali dengan mengolah lahan terlebih dahulu. Setelah itu, buat lubang tanam dengan jarak 10 sampai 12 meter.

Lubang tanam dibuat dengan ukuran 40 x 40 x 40 cm atau 60 x 60 x 60 cm. Selanjutnya, lubang tanam tersebut dibiarkan 1 hingga 2 minggu dan beri pupuk organik minimal 20 kg/lubang dan biarkan minimal 1 sampai 2 minggu sebelum tanam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com