Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Varietas Alpukat Unggul di Indonesia

Kompas.com - 11/01/2023, 12:54 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai varietas alpukat sudah menyebar di wilayah Indonesia. Bahkan, banyak varietas alpukat unggul di Indonesia yang memiliki sifat unggul.

Berdasarkan penjelasan di buku Budidaya Alpukat, Rabu (11/1/2023), berikut sejumlah varietas alpukat unggul yang ada di Indonesia.

1. Alpukat ijo bundar

Alpukat ini memiliki berat buah sekitar 300 sampai 400 gram/buah. Permukaan kulitnya licin, berbentuk lonjong dengan bagian ujung bulat dan pangkal buah yang tumpul. Daging buahnya tebal warnanya kuning hijau. Rasa buahnya enak, gurih, dan kering.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat Mentega agar Berbuah Lebat

2. Alpukat ijo panjang

Ilustrasi buah alpukat yang sudah matang.FREEPIK/STOCKKING Ilustrasi buah alpukat yang sudah matang.

Varietas alpukat unggul lainnya yaitu alpukat ijo panjang. Buah alpukat ini memiliki bentuk seperti buah pir dengan bagian ujung tumpul dan pangkalnya runting.

Berat buah ini sekitar 300 sampai 500 gram/buah. Kulit buahnya berwarna hijau dengan daging berwarna kuning. Daging buah alpukat ijo panjang cukup tebal dengan rasa enak, gurih, dan agak lunak.

3. Alpukat mega gagauan

Jenis alpukat ini memiliki daging yang tebal berwarna kuning, agak pulen, dengan permukaan kulit agak halus dan kulit berwarna merah. Bentuk buahnya bulat dan kulitnya tebal. Sementara itu, bobo buah ini sekitar 600 sampai 800 gram/buah.

Baca juga: Cara Menanam Alpukat dari Biji dalam Pot

4. Alpukat mega murapi

Varietas alpukat unggul lainnya yaitu alpukat mega murapi. Alpukat ini memiliki bentuk bulan lonjong dengan ukuran buah besar dan dagingnya tebal. Tekstur daging buah ini pulen dan manis.

5. Alpukat mega paninggahan

Jenis buah alpukat lainnya yaitu alpukat mega paninggahan. Buah alpukat ini memiliki bentuk bulat lonjong dengan ukuran sedang. Daging buahnya tebal dengan warna kuning mentega. Rasa buah ini manis pulen.

Itulah sejumlah varietas alpukat unggul yang tumbuh di Indonesia. Selain kelima varietas yang sudah disebutkan, masih ada beberapa jenis alpukat unggul lainnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com