Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Panen Kacang Panjang yang Benar

Kompas.com - 24/01/2023, 17:45 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kualitas sayuran sangat dipengaruhi oleh tahapan panennya, tak terkecuali pada tanaman kacang panjang. Sayuran ini termasuk komoditas yang daya simpannya tidak lama.

Maka dari itu, tahapan panen kacang panjang harus diperhatikan dengan baik. Adapun beberapa tips memanen tanaman ini, seperti berikut.

Perhatikan umur tanaman

Menurut penjelasan di Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (24/1/2023), panen sayuran kacang panjang terbagi menjadi dua jenis, yakni panen saat polongnya muda dan tua. Secara umum, panen dilakukan saat tanaman berumur 45 hari.

Baca juga: Ciri-ciri Kacang Panjang Siap Panen dan Cara Pemanenannya

Pemanenan sebaiknya dilakukan tepat waktu. Pasalnya, panen saat tanaman sudah tua akan mengurangi kualitas sayur ini.

Ilustrasi tanaman kacang panjang, menanam kacang panjang.SHUTTERSTOCK/SIRIWAT WONGCHANA Ilustrasi tanaman kacang panjang, menanam kacang panjang.

Pahami ciri kacang panjang siap panen

Tips panen kacang panjang berikutnya yaitu ketahui ciri-ciri kacang panjang yang siap panen. Sayuran ini siap dipanen saat polongnya terisi penuh dan warna hijau rata.

Biasanya, kacang panjang yang siap panen juga memiliki biji yang menonjol dan kulit luarnya sudah memiliki warna hijau kekuningan.

Lakukan panen dengan benar

Agar kacang panjang yang dipanen tidak rusak, maka teknik pemanenan harus dilakukan dengan benar. Cara panen kacang panjang yang benar yaitu dengan memutar atau memotong pangkal kacang panjang.

Baca juga: 3 Kegiatan Pasca Panen Kacang Panjang agar Kesegarannya Terjaga

Teknik pemanenan ini berguna untuk mencegah luka pada bagian tanaman. Selain itu, panen dengan cara memutar juga bisa merangsang pembentukan buah baru menjadi lebih cepat.

Itulah sejumlah tips panen kacang panjang yang perlu diperhatikan. Dengan melakukan panen yang benar, maka kacang panjang yang dihasilkan berkualitas baik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com