Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mudah, Cara Menanam Kacang Panjang di Halaman Rumah

Kompas.com - 21/11/2022, 13:45 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang panjang adalah tanaman sayuran yang mudah ditemukan di pasar dan banyak dikonsumsi masyarakat. Kacang panjang biasa diolah menjadi beragam hidangan sehat, misalnya sayur asem dan tumis.

Anda pun dapat menanam kacang panjang di halaman rumah untuk mengonsumsi hasil panennya.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (21/11/2022), berikut cara menanam kacang panjang di halaman rumah.

Baca juga: Catat, Tips Sukses Menanam Cabai di Polybag

Ilustrasi kacang panjang. WIKIMEDIA COMMONS/DAVID Ilustrasi kacang panjang.

1. Persiapan lahan

Lahan yang dibutuhkan untuk menanam kacang panjang bisa disesuaikan dengan berapa banyak kacang panjang yang akan ditanam. Semakin banyak yang ingin di tanam, maka semakin luas juga lahan yang diperlukan.

Lakukan penggemburan tanah dengan cara mencangkul tanah dengan baik. Lalu, buat bedengan-bedengan tempat kacang panjang akan ditanam.

2. Beri pupuk

Gunakan pupuk kandang yang ditambahkan dengan campuran pupuk phonska, kalsium bubuk, dan juga insektisida. Campurkan pupuk dengan baik pada lahan kacang panjang.

Pemberian pupuk dilakukan untuk mencegah serangan larva uret yang biasanya menyerang tanah bedengan. Setelah selesai, tutup bedengan menggunakan mulsa untuk mengantisipasi tumbuhnya gulma yang dapat membuat tanaman kekurangan nutrisi.

Baca juga: 4 Kesalahan yang Umum Terjadi saat Menanam Tomat, Apa Saja?

3. Penanaman benih

Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, beli benih kacang panjang hibrida unggulan di toko pertanian. Rendam benih tersebut dalam 1 liter air yang sudah dicampur dengan ZPT auksin sebanyak 10 tetes untuk pertumbuhan yang lebih optimal.

Setelah selesai, lubangi tanah dengan kedalaman sekitar 5 cm, lalu masukan benih ke dalam tanah dan tutup. Benih akan tumbuh dalam dua sampai empat hari setelah tanam.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com