Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Begini Cara Menanam Arugula dengan Mudah

Kompas.com - 16/04/2023, 14:54 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Arugula adalah sayuran daun yang masih memiliki kekerabatan dengan kubis, brokoli, dan kangkung. Sayuran ini biasanya dikonsumsi sebagai salad.

Di negara asalnya, arugula biasanya ditanam pada awal musim semi atau awal musim gugur. Benih arugula akan berkecambah dengan cepat di tanah yang sejuk.

Tak hanya itu, tanaman ini juga akan tumbuh dengan baik pada media tanam subur dan berdrainase baik. Selain itu, tanaman ini juga akan tumbuh dengan baik pada area yang terkena sinar matahari penuh, minimal 6 jam.

Baca juga: Benih Sayuran yang Cepat Tumbuh, Bisa Ditanam di Rumah

Meskipun bukan berasal dari Indonesia, arugula tetap bisa tumbuh dengan baik di Indonesia. Mengutip dari The Old Farmer's Almanac, Minggu (16/4/2023), berikut ini cara menanam arugula dengan mudah.

Penanaman arugula

Ilustrasi sayuran arugula. PEXELS/POLINA TANKILEVITCH Ilustrasi sayuran arugula.

Setelah menentukan lokasi tanam yang sesuai dengan pertumbuhan sayuran ini, langkah selanjutnya yaitu penanaman. Lahan yang akan digunakan untuk menanam benih arugula perlu digemburkan terlebih dahulu.

Benih yang akan ditanam sebaiknya direndam terlebih dahulu dalam air selama beberapa jam. Setelah itu, taburkan benih sedalam ¼ inci dengan jarak antar barisan benih sekitar 10 inci. Tutup benih dengan tanah tipis.

Perawatan tanaman

Agar tanaman tumbuh dengan baik, jaga kelembapan tanah. Caranya dengan rutin melakukan penyiraman.

Baca juga: 10 Jenis Sayuran Baby yang Cepat Panen dan Harganya Mahal

Selain itu, lakukan juga penjarangan bibit. Tanaman yang tumbuh terlalu dekat sebaiknya dicabut salah satunya, agar bisa tumbuh dengan maksimal.

Jika cuaca terlalu terik, sebaiknya beri naungan di atas bedengan tanaman arugula. Sementara itu, jika tanaman terserang hama atau penyakit, segera lakukan pengendalian dengan cara mekanis, biologi, maupun kimiawi.

Pemanenan

Tanaman arugula sebaiknya dipanen saat masih muda karena rasanya lebih enak. Daun yang sudah tumbuh panjang sekitar 2 sampai 3 inci sudah bisa dipetik.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com