Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bawang Bombay dari Biji, Bisa Dilakukan di Rumah

Kompas.com - 30/04/2023, 11:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.comBawang bombay merupakan bahan rempah dapur yang memiliki aroma khas yang disukai sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain menjadi bahan rempah untuk menambah cita rasa masakan, di berbagai negara bawang ini sering diolah menjadi camilan.

Budidaya bawang bombay ternyata tidak sulit. Bahkan, tanaman ini bisa ditanam dari biji. Berikut ini tata cara menanam bawang bombay dari biji yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. Siapkan media tanam

Hal pertama yang dapat Anda lakukan yaitu menyiapkan media tanam untuk penyemaian benih atau biji bawang bombay. Caranya dengan mencampur tanah dan media kompos dengan perbandingan 1:1.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Bombay di Pot dengan Mudah

2. Penyemaian biji

Selanjutnya, semai biji pada media tanam yang telah dicampur dalam pot yang telah diratakan. Lakukan penyiraman di pagi hari dan lakukan hingga menjadi kecambah.

Bawang bombayPexels/Karolina Grabowska Bawang bombay

3. Pindahkan kecambah

Setelah berkecambah, silahkan siapkan media tanam pada polybag yang lebih besar dengan komposisi media tanam yang sama. Lalu, pindahkan bibit yang telah berkecambah bersama media tanam penyemaian.

4. Penyiraman rutin

Lakukan penyiraman rutin dengan jumlah lebih banyak dari proses penyemaian. Hal ini wajib dilakukan karena bawang Bombay sangat suka dengan media yang cukup basah.

5. Lakukan pemupukan

Setelah daun tumbuh lebih tinggi, lakukan pemupukan dengan pupuk kompos atau kandang. Jumlah pupuk yang diberikan sekitar 100 hingga 150 gram setiap polybag.

Baca juga: Cara Menanam Bawang Bombay yang Benar, dari Memilih Bibit sampai Panen

6. Pengendalian hama dan penyakit tanaman

Setelah berumur 3 minggu lakukan pembuangan gulma, pengontrolan penyakit, dan hama. Kegiatan tersebut diulangi kembali setelah berumur 6 minggu.

Jka umbi mulai tumbuh dan keluar permukaan, tutup kembali dengan tanah sehingga tidak terlihat. Lakukan kembali hingga umbi tumbuh besar seperti yang diinginkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com