Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Daun Bawang di Pot, Mudah dan Praktis

Kompas.com - 31/03/2023, 17:05 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Daun bawang atau bawang daun adalah jenis sayuran  dari kelompok bawang-bawangan yang banyak digunakan untuk tambahan dalam masakan. Daun bawang dapat menambah rasa dan aroma masakan, sehingga lebih menggugah selera.

Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Jumat (31/3/2023), ada beberapa varietas daun bawang, tapi yang sering dijumpai adalah Allium fistulosum dan Allium ascalonicum, yang masih sejenis bawang merah. Selain itu, bawang prei juga disebut dengan daun bawang.

Daun bawang dapat tumbuh dengan baik pada daerah dataran tinggi dengan ketinggian sekitar 900 sampai 1.700 mdpl, suhu udara sekitar 19 sampai 24 derajat celcius, dan kelembapan udara sekitar 80 sampai 90 persen.

Baca juga: Cara Menanam Cabai dalam Pot agar Berbuah Banyak

Ilustrasi daun bawang.SHUTTERSTOCK/LEONOV.O Ilustrasi daun bawang.

Akan tetapi, daun bawang juga dapat tumbuh di daerah dataran rendah dengan suhu panas.

Berikut cara menanam daun bawang di pot maupun polybag, yang dapat dilakukan di rumah.

1. Persiapan benih

Daun bawang dapat diperbanyak dengan cara generatif atau menggunakan biji atau benih dan dengan cara vegetatif atau memecahkan anakan dari rumpun utama.

Jika menggunakan biji atau benih, maka Anda harus menyemaikan terlebih dahulu, tempat persemaian dapat berupa bedengan dan  polybag.

Baca juga: Cara Menanam Mawar di Pot, Mudah dan Cepat Tumbuh

Jika tempat persemaian berupa bedengan maka tebarkan biji atau benih dalam alur yang telah dibuat dengan kedalaman sekitar 1 cm dan beri jarak antar alur sekitar 10 cm.

Apabila tempat persemaian berupa polybag, maka pada setiap polybag diletakan biji benih sekitar 1 sampai 2 biji benih per polybag dan biji ditanam dengan kedalaman sekitar 10 cm. Kemudian, tutup tempat persemaian dengan daun pisang atau karung goni yang telah dibasahi.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com