Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Untung Besar, Begini Cara Budidaya Kedelai Jepang atau Edamame

Kompas.com - 04/10/2022, 11:58 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kedelai Jepang atau yang lebih dikenal dengan kedelai edamame, belakangan ini sangat populer. Kandungan proteinnya yang tinggi serta rasanya yang enak banyak dicari oleh masyarakat.

Keunggulan kedelai Jepang dapat dipanen ketika polongnya masih hijau ataupun ketika sudah menguning. Berbeda dengan kedelai lokal yang baru bisa dipanen ketika polongnya sudah tua dan menguning.

Edamame banyak dibutuhkan untuk keperluan restoran, cafe, dan supermarket. Itulah yang membuat harga kedelai jepang cukup mahal di pasaran.

Baca juga: Budidaya Tanaman Kedelai Lokal yang Benar agar Panennya Melimpah

Umumnya petani di Indonesia menanam kedelai varietas lokal. Kedelai Jepang ini merupakan varietas kedelai baru yang layak dibudidayakan.

Oleh sebab itu perlu adanya panduan langkah-langkah budidaya edamame yang baik dan benar. Pada artikel kali ini akan dijelaskan langkah-langkah budidaya kedelai jepang dari mulai persiapan lahan sampai panen.

Dikutip dari Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian, Selasa (4/10/2022), berikut penjelasan selengkapnya.

Ilustrasi lahan edamamePixabay/dekyyoga Ilustrasi lahan edamame

Pengolahan lahan

Tahap awal yang harus dilakukan yaitu menggemburkan tanah yang akan digunakan untuk menanam kedelai Jepang. Penggemburan tanah berfungsi supaya agar tanaman dapat tumbuh dan menyerap unsur hara secara maksimal.

Baca juga: Simak, Ini Cara Menanam Kedelai agar Panennya Melimpah

Pengolahan lahan dapat menggunakan cangkul maupun traktor. Setelah penggemburan, buatlah bedengan dengan lebar 100 - 120 cm dengan panjang mengikuti panjang lahan.

Tinggi bedengan 40 - 50 cm dan jarak antar bedengan 50 cm. Berikan pupuk dasar berupa pupuk kandang sebanyak 10 - 20 ton/ha

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com