Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Syarat Tumbuh Tanaman Pepaya yang Penting untuk Diperhatikan

Kompas.com - 12/02/2023, 19:15 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pepaya merupakan buah mudah dibudidayakan. Akan tetapi, tanaman pepaya akan tumbuh dengan baik apabila lingkungan tempat tumbuhnya sesuai dengan syarat tumbuh tanaman ini.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (12/2/2023), faktor lingkungan sangat mempengaruhi pertumbuhan tanaman ini. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Ketinggian tempat

Tanaman pepaya akan tumbuh dengan baik pada wilayah dengan ketinggian 0 sampai 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl). Jika ditanam pada ketinggian di atas 1000 mdpl, kualitas buah yang dihasilkan tidak sebaik tanaman yang tumbuh di dataran rendah.

Baca juga: Mengenal Pepaya Merah Delima, Keunggulan dan Cara Menanamnya

Tak hanya itu, buah pepaya juga mudah gugur karena kelembapan dan suhu di dataran tinggi kurang ideal untuk pertumbuhan tanaman ini.

Penyinaran matahari

Ilustrasi buah pepaya, pohon pepaya.UNSPLASH/WENGANG ZHAI Ilustrasi buah pepaya, pohon pepaya.

Tanaman pepaya memerlukan penyinaran matahari yang cukup untuk menunjang pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Tanaman pepaya yang ternaungi akan memiliki batang berukuran kecil dan buahnya juga berukuran kecil serta mudah rontok.

Curah hujan

Curah hujan juga menjadi salah satu syarat tumbuh tanaman pepaya yang penting untuk diperhatikan. Tanaman pepaya menghendaki curah hujan sekitar 1500 sampai 2000 mm/tahun.

Baca juga: Budidaya Pepaya Madu yang Benar agar Hasilnya Menguntungkan

Kondisi iklim yang terlalu kering bisa membuat tanaman hanya menghasilkan bunga jantan, bunga menjadi tidak subur, dan bunga mudah gugur. Musim kering yang terlalu lama juga dapat membuat pertumbuhan tanaman ini terhambat.

Maka dari itu, penyiraman saat kemarau panjang harus dilakukan dengan rutin. Sebaliknya, ketika hujan tiba air harus dialirkan lewat parit agar tidak menggenangi tanaman pepaya.

Suhu

Suhu yang ideal untuk pertumbuhan tanaman pepaya yaitu 15 sampai 35 derajat Celcius. Suhu yang terlalu rendah atau tinggi bisa membuat tanaman mati.

Itulah beberapa syarat tumbuh tanaman pepaya yang penting untuk dipertimbangkan sebelum melakukan budidaya pepaya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com