Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Biji Anggur, Mudah Dilakukan

Kompas.com - 08/09/2022, 09:40 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

Sumber Hunker

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggur adalah salah satu buah populer dan favorit yang banyak dikonsumsi masyarakat. Anggur memiliki beberapa biji di dalam buahnya, yang dapat ditanam.

Nah, jika Anda ingin menanam anggur, berikut cara menanam biji anggur yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah, dikutip dari Hunker, Kamis (8/9/2022).

1. Dapatkan biji anggur

Ambil biji anggur dari buah-buahan yang sudah matang dengan mengiris buah anggur menjadi dua memanjang. Ekstrak bijinya dengan ujung pisau bersih atau kuku jari Anda, berhati-hatilah agar tidak merusak biji.

Baca juga: Cara Menanam Anggur di Halaman Rumah

Ilustrasi tanaman anggur, menanam anggur.PIXABAY/NOWAJA Ilustrasi tanaman anggur, menanam anggur.

Setelah benih dimasukkan ke dalam wadah berisi air, biarkan terendam selama 24 jam, angkat dan buang semua yang tidak tenggelam.

2. Siapkan biji

Tiriskan sisa biji anggur keesokan harinya, dan tempatkan di dalam wadah kecil yang disertai dengan sedikit lumut gambut basah. Satu sendok makan lumut gambut cukup untuk 50 biji.

Setelah menutup wadah, biarkan dalam lemari es pada suhu 1 hingga 4 derajat celcius selama tiga bulan. Paparan dingin disebut periode stratifikasi.

3. Menabur biji anggur

Pada akhir jangka waktu tersebut, buka wadah dan tanam benih pada kedalaman sekitar tiga kali panjangnya dalam campuran awal benih yang lembap dan steril. Pastikan wadah memiliki lubang drainase bawah, dan beri jarak 1,5 inci satu sama lain.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Anggur supaya Buahnya Banyak

Tempatkan wadah di bawah lampu tumbuh yang menyala selama 16 jam per hari karena biji anggur berkecambah paling baik di bawah kondisi hari yang panjang.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com