Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menanam Kacang Merah yang Benar

Kompas.com - 06/11/2022, 14:18 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang merah atau Phaseolus vulgaris L. adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Kacang ini bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan atau minuman.

Peminat kacang merah yang cukup tinggi, membuat banyak petani tertarik untuk menanam kacang merah. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Minggu (6/11/2022), berikut tata cara menanam kacang merah agar pertumbuhan dan produktivitasnya optimal.

Baca juga: Cara Budidaya Kacang Koro Pedang agar Hasilnya Menguntungkan

Syarat tumbuh tanaman

Ilustrasi kacang merahFREEPIK/jcomp Ilustrasi kacang merah

Kacang merah cocok ditanam ditanam di dataran tinggi karena memiliki iklim sejuk dan curah hujan tinggi yang menunjang pertumbuhan tanaman ini. Sementara itu, suhu udara yang menjadi syarat tumbuh tanaman ini yaitu antara 20 sampai 25 derajat Celcius.

Menyiapkan benih

Benih kacang merah bisa didapatkan dengan dua cara, yakni membeli di toko pertanian atau menggunakan biji kacang merah hasil budidaya sebelumnya.

Jika Anda memilih cara yang kedua, maka pastikan biji kacang merah diambil dari tanaman kacang merah yang sudah tua. Pilih juga biji terbaik yang tidak cacat dan tidak terserang hama maupun penyakit.

Baca juga: Pedoman Budidaya Kacang Tanah yang Mudah Dilakukan

Penanaman

Kacang merah bisa ditanam di lahan sawah atau lahan pertanian biasa. Menanam kacang merah di sawah dapat dilakukan saat musim kemarau.

Untuk lahan pertanian biasa, sebelum penanaman harus digemburkan terlebih dahulu dan dibuat bedengan. Setelah itu, buat lubang tanam sedalam 4 cm menggunakan tugal.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com