Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Menanam Padi Metode Hezton

Kompas.com - 19/11/2022, 13:27 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknik budidaya padi sangat beragam, salah satunya teknik hazton. Perlu diketahui bahwa metode hazton adalah sebuah teknik menanam padi menggunakan 20 hingga 30 bibit per lubang tanam.

Cara ini dinilai bisa meningkatkan produksi tanaman padi. Dengan demikian, hasil panennya akan lebih banyak dibandingkan metode penanaman padi lainnya.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (19/11/2022), berikut ini cara menanam padi metode hazton agar produktivitasnya maksimal.

Baca juga: Cara Menanam Padi Gogo di Lahan Kering

Persiapan lahan

Pertanaman padiPixabay/miakihiro0 Pertanaman padi

Lahan yang akan digunakan untuk menanam padi harus dibersihkan terlebih dahulu dari rumput dan sisa tanaman. Setelah itu, berikan pupuk organik sebanyak 500 hingga 1000 kg/ha dan pupuk SP-36 sebanyak 150 kg/ha.

Lakukan sterilisasi lahan

Selain membersihkan lahan dan memberikan pupuk dasar, lakukan juga sterilisasi lahan. Kegiatan dilakukan dengan cara mengaplikasikan Decoprima sebanyak 400 liter/ha. Sebelum aplikasi, pastikan kondisi jerami lembap atau berair agar proses dekomposisi optimum.

Menyiapkan benih

Pilihlah benih padi dari varietas unggul. Kemudian, benih padi yang akan ditanam harus direndam terlebih dahulu dalam BactoPlus Padi selama 24 jam.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Padi Metode SRI

Benih tersebut kemudian diperam dalam karung goni lembap selama 24 hingga 48 jam. Tunggu beberapa saat sampai muncul tunas dan akar pada benih tersebut.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com