Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Saja yang Perlu Diperhatikan Ketika Menanam Padi? Ini Ulasannya

Kompas.com - 07/11/2022, 16:05 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Padi merupakan komoditas penting di Indonesia. Maka dari itu, budidaya tanaman padi selalu diupayakan semaksimal mungkin agar hasil panennya maksimal.

Lantas, apa saja yang perlu diperhatikan ketika menanam padi? Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (7/11/2022), berikut penjelasannya.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Padi Metode SRI

Syarat tumbuh tanaman

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum menanam padi yaitu syarat tumbuhnya. Tanaman padi menghendaki lingkungan dengan cuaca panas dan kelembapan tinggi dengan musim hujan 4 bulan.

tanaman padiPixabay/mufidpwt tanaman padi

Sementara itu, rata-rata hujan yang sesuai dengan syarat tumbuh tanaman padi yaitu 200 mm/bulan atau 1500 sampai 2000 mm/tahun. Tanaman padi dapat ditanam saat musim kemarau maupun musim hujan.

Meskipun demikian, ketersediaan air ketika musim kemarau harus diperhatikan agar produktivitasnya tetap optimal. Selain curah hujan, suhu lingkungan juga perlu diperhatikan.

Baca juga: Catat, Ini Syarat Tumbuh Tanaman Padi yang Perlu Diketahui

Suhu yang ideal untuk menanam padi antara 22 sampai 27 derajat Celcius untuk dataran rendah. Sedangkan pada dataran tinggi, suhu yang ideal yaitu 19 sampai 23 derajat Celcius.

Tanaman padi juga memerlukan penyinaran matahari penuh dan angin yang tidak terlalu kencang. Pasalnya, angin kencang bisa menyebabkan tanaman rebah.

Memilih tempat penyemaian yang tepat

Tempat penyemaian harus subur, mengandung banyak humus, dan gembur. Persemaian juga harus di lahan terbuka tanpa naungan serta dekat dengan sumber air.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com