Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Simak, Cara Tanam Kacang Hijau yang Benar

Kompas.com - 23/11/2022, 10:13 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang hijau merupakan tanaman kacang-kacangan yang banyak tumbuh di Indonesia. Tanaman ini cocok dibudidayakan di lahan yang drainase dan aerasinya baik, serta pH antara 5,8 sampai 7.

Tanaman ini juga bisa ditanam di daerah dengan curah hujan 100 sampai 400 mm/bulan, suhu udara 23 sampai 30 derajat Celcius, dan kelembapan 60 hingga 70 persen. Cara tanam kacang hijau tidak sulit. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (23/11/2022), berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Cara Budidaya Kacang Hijau di Sawah

Pemilihan benih

Ilustrasi kacang hijau yang sudah dipanenKarolina Grabowska Ilustrasi kacang hijau yang sudah dipanen

Benih yang berkualitas merupakan penentu keberhasilan menanam kacang hijau. Benih yang dipilih harus memiliki sifat unggul, seperti; daya kecambah tinggi, vigor baik, bersih dan bernas, tidak cacat, dan terbebas dari hama maupun penyakit.

Mengolah lahan

Tanah yang akan digunakan untuk menanam kacang hijau harus diolah terlebih dahulu. Setelah itu, buat saluran air dengan jarak 3 sampai 4 meter. Tanah yang akan ditanami dikeringkan terlebih dahulu selama 3 minggu.

Cara tanam kacang hijau

Buat lubang tanam menggunakan tugal. Setelah itu, tanam benih kacang hijau sebanyak 2 sampai 3 benih per lubang. Tutup kembali lubang tanam tersebut agar benih tidak hanyut saat hujan.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Menanam Kacang Hijau dengan Kapas di Rumah

Perawatan tanaman

Tahapan penting lainnya dalam budidaya kacang hijau yaitu perawatan tanaman. Beberapa kegiatan pemeliharaan tanaman yang diperlukan, seperti berikut:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com