Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Mangga di dalam Pot, Solusi untuk Lahan Sempit

Kompas.com - 23/11/2022, 15:57 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanam buah dalam pot atau tabulampot adalah salah satu cara menanam buah-buahan di lahan sempit. Salah satu jenis tanaman buah yang bisa dibudidayakan dengan sistem ini yaitu buah mangga.

Beberapa jenis mangga yang bisa ditanam dalam pot, antara lain; mangga chokanan, namdokmai, modenko, manalagi, harum manis, dan lain sebagainya. Cara menanam mangga tabulampot tidak sulit. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (23/11/2022), berikut penjelasannya.

Baca juga: Cara Menanam Mangga yang Benar agar Berbuah Banyak

Pemilihan bibit

Ilustrasi bibit manggaPixabay/najibzamri Ilustrasi bibit mangga
Agar tanaman buah dalam pot cepat berbuah, maka sebaiknya pilih bibit dari perbanyakan vegetatif dengan umur sekitar 1,5 sampai 2 tahun. Usahakan bibit berukuran besar dengan diameter batang utama sekitar 4 sampai 5 cm.

Bentuk tajuk yang seimbang dengan cabang dan ranting yang kokoh juga menjadi ciri bibit berkualitas. Kondisi tersebut membuat batang tanaman cukup kuat untuk menuangga ranting dan cabang saat berbuah.

Menyiapkan media tanam

Media tanam yang sesuai untuk pertumbuhan pohon mangga yaitu media tanam yang remah, gembur, dan kaya hara. Media tanaman tersebut harus bebas dari hama maupun patogen, sehingga tanaman bisa tumbuh dengan sehat.

Baca juga: Cara Memperbanyak Buah Mangga dengan Mudah

Media tanam yang digunakan bisa berasal dari campuran tanah, pupuk kandang atau kompos, dan arang sekam. Ketiga bahan tersebut dicampur dengan perbandingan 2:1:1.

Menyiapkan pot penanaman

Pot yang digunakan untuk menanam mangga sebaiknya pot yang ringan, tidak mudah pecah, berbentuk normal, dan serasi dengan tanaman yang akan ditanam. Selain itu, pastikan juga pot yang digunakan memiliki kaki.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com