Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Memilih Strawberry untuk Diolah Menjadi Selai

Kompas.com - 15/04/2023, 20:06 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

Sumber The Kitchn

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain nanas, salah satu buah yang banyak dicari menjelang Lebaran yaitu strawberry. Buah ini juga biasa diolah menjadi selai untuk bahan membuat kue kering.

Selai strawberry sebenarnya bisa didapatkan dengan mudah di supermarket, akan tetapi membuatnya sendiri tentu lebih enak dan sehat. Untuk mendapatkan rasa selai strawberry yang enak, maka buah strawberry yang digunakan juga harus berkualitas bagus.

Tips memilih buah strawberry yang bagus

Dikutip dari situs The Kitchn, Sabtu (15/4/2023), berikut ini cara memilih buah strawberry yang bagus.

Baca juga: Cara Menanam Strawberry Vertikultur, Cocok untuk Lahan Sempit

1. Cari strawberry yang warnanya merah cerah

Saat membeli strawberry, sebaiknya Anda memilih buah strawberry yang warnanya merah cerah. Warna tersebut menandakan rasa buah ini manis.

buah stroberi
UNSPLASH/SOROUSH KARIMI buah stroberi

2. Beli saat musim panen

Ketika musim panen, buah strawberry yang dipetik memiliki kematangan yang maksimal. Dengan demikian, rasanya lebih manis dan tingkat kematangannya sempurna.

Sementara itu, saat bukan musimnya buah strawberry biasanya dipanen sebelum tua. Proses pematangan biasanya terjadi di perjalanan, sehingga rasanya kurang enak.

Baca juga: 7 Varietas Strawberry yang Ditanam di Indonesia, Apa Saja?

3. Tidak perlu memperhatikan ukuran

Rasa manis pada buah strawberry ternyata tidak ditentukan oleh bentuk dan ukuran buah tersebut. Terkadang ada buah strawberry berukuran kecil yang rasanya manis.

Sementara itu, sebaiknya ada buah strawberry yang ukurannya besar namun rasanya masam. Agar lebih aman, Anda bisa meminta tester pada penjual buah tersebut.

Itulah beberapa cara memilih buah strawberry yang bagus. Kualitas rasa dari buah tersebut juga sangat dipengaruhi oleh jenis atau varietasnya. Jadi, jika ingin mendapatkan strawberry dengan rasa terbaik, Anda bisa membeli strawberry dari varietas unggul.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Kitchn
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com