Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Menanam Bunga Mawar dari Biji

Kompas.com - 02/05/2023, 16:17 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Biasanya, bunga mawar ditanam menggunakan stek batang. Akan tetapi, ternyata mawar bisa ditanam menggunakan biji.

Cara menanam mawar dari biji bisa dilakukan dengan mudah, namun memerlukan waktu tumbuh lebih lama. Lantas, bagaimana cara menanam bunga mawar dari biji?

Dikutip dari Gardening Know How, Selasa (2/5/2023), berikut pedoman menanam mawar dari biji dengan mudah.

Menyiapkan benih mawar

Sebelum mulai menanam, siapkan biji mawar terlebih dahulu. Biji yang hendak ditanam sebaiknya sudah disimpan dalam kondisi lembap dingin. Pastikan juga biji yang hendak ditanam sehat dan berasal dari tanaman dengan pertumbuhan baik.

Baca juga: Cara Menanam Mawar di Pot, Mudah dan Cepat Tumbuh

Penyemaian

Biji mawar kemudian disemai pada nampan atau tray semai. Media semai yang digunakan harus subur dan lembap agar biji tumbuh dengan baik.

Ilustrasi bunga mawar putih.Shutterstock/Veranika Dzik Ilustrasi bunga mawar putih.

Penanaman

Setelah biji bertunas, langkah selanjutnya yaitu yaitu tanam bibit mawar di pot yang sudah berisi media tanam. Saat pindah tanam, lakukan dengan hati-hati agar akar tidak rusak.

Pemupukan

Agar tanaman tumbuh dengan baik, maka tambahkan pupuk sesuai kebutuhan tanaman. Pupuk bisa diperoleh dari toko pertanian terdekat atau membuatnya sendiri menggunakan bahan-bahan organik yang ada di sekitar rumah.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Bunga Mawar dari Batang

Pengendalian hama dan penyakit

Tanaman mawar bisa terserangan hama maupun patogen penyebab penyakit tanaman. Maka dari itu, penting untuk melakukan pengendalian sedini mungkin.

Salah satu caranya yaitu dengan memberikan cahaya yang cukup dan mengatur sirkulasi udara dengan baik. Selain itu, jangan terlalu sering menyiram tanaman karena bisa menyebabkan tanaman mati.

Jika hama dan penyakit sudah parah, Anda bisa menyemprotkan pestisida sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com