Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Cara Merawat Tanaman Jeruk agar Berbuah Sepanjang Tahun

Kompas.com - 09/07/2023, 10:19 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebagai buah yang banyak disukai, permintaan buah jeruk cukup tinggi. Bahkan, buah ini bisa dengan mudah dijumpai mulai dari pasar tradisional hingga supermarket.

Jeruk sebenarnya tanaman tahunan yang masa berbuahnya cukup lama. Tanaman jeruk umumnya bisa dipanen setelah berumur 28 sampai 36 minggu.

Meskipun demikian, ternyata tanaman jeruk bisa diupayakan agar berbuah sepanjang tahun. Salah satu caranya yaitu dengan merawat tanaman dengan maksimal.

Baca juga: Tips dan Cara Menanam Jeruk agar Berbuah Sepanjang Tahun

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian Indonesia, berikut ini cara merawat tanaman jeruk agar berbuah sepanjang tahun.

Ilustrasi pohon jerukSHUTTERSTOCK/WIWIK WAHYUDI Ilustrasi pohon jeruk

1. Pemangkasan

Kegiatan pemangkasan dilakukan untuk membentuk kanopi batang, pengatur produksi, dan merawat tanaman. Pembentukan tajuk tanaman jeruk bisa dilakukan dengan teknik pijat lengkung.

Teknik ini bisa dilakukan pada cabang tersier. Teknik pijat lengkung sebaiknya dilakukan di awal musim kemarau karena saat itu tanaman agak layu, sehingga pelengkungan menjadi lebih mudah.

2. Pemupukan

Cara merawat tanaman jeruk lainnya yang penting untuk dilakukan yaitu pemberian pupuk atau nutrisi tanaman. Di fase pertumbuhan dan berbuah, berikan pupuk organik, NPK, dan pupuk cair sesuai anjuran.

Baca juga: 6 Cara Merawat Jeruk Nipis agar Berbuah Banyak

Pupuk NPK granul dan cair diberikan secara berkala setiap 1,5 bulan bertujuan untuk memecah tunas. Sementara itu, untuk meningkatkan rasa manis pada buah jeruk berikan pupuk kaya magnesium.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com