Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Budidaya Pohon Jati agar Tumbuhnya Maksimal

Kompas.com - 17/07/2023, 19:16 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanaman jati termasuk tanaman tahunan yang nilai ekonomisnya tinggi. Harga jual kayu jati sangat tinggi, terlebih jika kayu jati tersebut sudah berumur tua.

Kayu jati biasanya dimanfaatkan sebagai bahan bangunan maupun furniture. Melihat potensi bisnis yang besar, membuat banyak orang tertarik menanam pohon jati

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (17/7/2023), berikut ini tahapan budidaya pohon jati dengan benar.

Pembibitan

Perbanyakan tanaman jati bisa dilakukan menggunakan biji. Gunakan biji berkualitas dengan ciri-ciri; sudah menguning, ukurannya besar, berbentuk bulat, padat, dan tidak cacat.

Baca juga: Pohon Kelapa Vs Pohon Palem, Ini Perbedaannya

Sebanyak 12.000 bibit pohon jati emas telah disiapkan untuk ditanam di sepanjang jalan dari Laluan Madani hingga kawasan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Saat ini ribuan bibit pohon jati emas itu masih terawat dengan baik dan tidak ada yang mati di kebun BP Batam, kawasan Marina.KOMPAS.COM/HADI MAULANA Sebanyak 12.000 bibit pohon jati emas telah disiapkan untuk ditanam di sepanjang jalan dari Laluan Madani hingga kawasan Nongsa, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Saat ini ribuan bibit pohon jati emas itu masih terawat dengan baik dan tidak ada yang mati di kebun BP Batam, kawasan Marina.

Keluarkan biji tersebut dari bunganya, kemudian rendam dalam air selama 3 hingga 5 jam. Kemudian, buat media semai dari pupuk kandang dan tanah menggunakan perbandingan 1:1.

Masukkan media semai tersebut dalam polybag dan tanah benih dengan kedalaman 5 cm. Terakhir, timbun benih dengan media semai.

Penyiraman dan perawatan bibit

Langkah berikutnya yaitu lakukan penyiraman bibit secara rutin pada pagi dan sore hari. Namun, penyiraman tidak boleh berlebihan agar tidak busuk.

Tempatkan bibit di area yang teduh agar tidak terkena sinar matahari langsung dan air hujan. Berikan pupuk urea 1 kali dalam sebulan.

Baca juga: Cara Budidaya Sagu, Bisa Jadi Subsitusi Pangan

Persiapan tahan

Taburkan pupuk kandang atau kompos ke media tanam sebanyak 2 ton per hektare. Pemupukan dilakukan 3 sampai 4 minggu sebelum pengolahan lahan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com