Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Kacang Tanah Tanpa Olah Tanah, Bisa Hemat Biaya Produksi

Kompas.com - 18/07/2023, 11:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang tanah termasuk tanaman leguminoceae yang banyak tumbuh di Indonesia. Kacang tanah diketahui banyak mengandung protein dan karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Hasil panen kacang tanah banyak diolah menjadi berbagai jenis makanan yang rasanya enak. Peminat yang cukup tinggi membuat banyak petani tertarik membudidayakan tanaman ini.

Bahkan, saat ini banyak teknik budidaya kacang tanah yang efektif dan efisien, namun hasil panennya tetap maksimal. Salah satu cara menanam kacang tanah yang efektif dan efisien yaitu dengan menanam kacang tanah tanpa olah tanah.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Kacang Tanah yang Benar

Sistem budidaya ini bisa mengurangi biaya produksi, sehingga lebih menguntungkan petani. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Selasa (18/7/2023), berikut ini cara menanam kacang tanah tanpa olah tanah.

Ilustrasi kacang tanah, menanam kacang tanah.SHUTTERSTOCK/WILAIWAN JANTRA Ilustrasi kacang tanah, menanam kacang tanah.

Persiapan benih

Benih kacang tanah sebaiknya berasal dari varietas unggul. Beberapa jenis varietas yang disarankan, antara lain; Gajah, Macan, Banteng, Kidang, dan Tapir. Varietas tersebut tahan terhadap penyakit layu, karat, dan bercak daun.

Persiapan lahan

Meskipun tidak diolah, lahan budidaya perlu dibersihkan terlebih dahulu dari sisa tanaman maupun gulma. Kemudian, buat saluran drainase dengan jarak 3 hingga 4 meter membujur searah barisan tanah. Lebar saluran cukup 30 cm dengan kedalaman 25 cm.

Penanaman

Cara menanam kacang tanah tanpa olah tanah yaitu dengan meletakkan benih kacang tanah dalam lubang tanam dengan kedalaman 3 cm. Jumlah benih yang ditanam yaitu 2 butir per lubang tanam. Sementara itu, jarak tanamnya 40 x 20 cm atau 30 x 30 cm.

Baca juga: Pedoman Budidaya Kacang Tanah yang Mudah Dilakukan

Halaman:

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com