Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tahapan Budidaya Kacang Merah dan Cara Merawatnya dengan Benar

Kompas.com - 10/07/2023, 14:46 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang merah merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang dapat tumbuh di daerah bersuhu dingin. Namun, tidak menutup kemungkinan tanaman ini bisa tumbuh di dataran rendah dengan suhu yang lebih tinggi asalkan dirawat dengan baik.

Mengutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (10/7/2023), berikut ini tahapan budidaya kacang merah dan cara merawatnya dengan benar agar panennya melimpah.

Mengolah lahan

Sebelum ditanami, lahan perlu diolah terlebih dahulu dengan cangkul sampai gembur. Kemudian, buat bedengan dengan lebar 100 cm dan tinggi 30 cm.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Kacang Merah yang Benar

Buat juga parit dengan lebar 25 cm agar bedengan tidak tergenang. Terakhir, pasang mulsa di atas bedengan dan buat lubang tanam.

Benih kacang merahPixabay/Ray_Shrewsberry Benih kacang merah

Penanaman

Penanaman tumbuhan kacang merah sebaiknya dilakukan menjelang musim hujan karena tanaman ini memerlukan curah hujan tinggi. Cara menanam kacang merah diawali dengan membuat lubang tanam dengan kedalaman 3 sampai 5 cm berjarak 40 cm.

Kemudian, isi 2 benih kacang merah per lubang tanam dan tutup dengan tanah. Namun, sebelum ditanam pastikan benih berasal dari varietas unggul, sehat, dan telah bersertifikat.

Perawatan tanaman

Agar tanaman tumbuh dengan baik, maka perlu dirawat dengan maksimal. Setidaknya ada dua perawatan yang perlu dilakukan yaitu penyulaman dan pemupukan.

Penyulaman perlu dilakukan setelah berumur 14 hari. Pada saat itu, benih mulai tumbuh tunas. Cek tanaman, jika terdapat benih yang tidak tumbuh sebaiknya segera diganti dengan benih lain.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Kacang Polong agar Panennya Melimpah

Penyulaman bertujuan agar populasi tanaman dalam lahan tetap maksimal. Sementara itu, pemupukan bisa dilakukan setelah berumur 21 hari. Jenis pupuk yang diberikan yaitu pupuk kandang agar tanaman tumbuh sehat dan berkelanjutan.

Pemanenan

Tanaman kacang merah sudah bisa dipanen setelah berumur 2 bulan lebih. Ciri tanaman kacang merah yang siap panen yaitu polongnya sudah berwarna kusam, kulit polong terlihat lebih kasar, dan kacang belum terlalu menonjol.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com