Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Pohon Kina yang Benar agar Pertumbuhannya Baik

Kompas.com - 13/08/2022, 09:27 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Pohon kina sudah lama dikenal sebagai tanaman obat. Tanaman ini diketahui berasal dari Amerika Serikat.

Meskipun demikian, di Indonesia sudah banyak petani yang membudidayakan tanaman ini. Kina menjadi salah satu komoditas perkebunan yang banyak ditemukan di daerah Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Sebagai tanaman obat, manfaat kina sangat beragam. Pada bagian kulit pohon kini diketahui mengandung alkaloid yang banyak dimanfaatkan dalam industri farmasi, industri makanan dan minuman.

Hasil panen pohon kinaPixabay/gokalpiscan Hasil panen pohon kina

Agar tanaman kina bisa dimanfaatkan dengan optimal, maka proses budi dayanya harus dilakukan dengan benar. Mengutip dari penjelasan di portal PPID Kementerian Pertanian, Sabtu (13/8/2022), berikut penjelasan lengkap seputar cara menanam pohon kina.

Baca juga: Gampang, Ini Cara Menanam Bawang Putih di Polybag

Persiapan lahan

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum menanam kina yaitu menyiapkan lahan budi daya. Kondisi lahan akan sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan pohon kina.

Pohon kina akan tumbuh dengan baik pada ketinggian 800-2000 meter di atas permukaan laut (mdpl), tanah gembur tidak bercadas, dan mengandung bahan organik.

Tak hanya itu, lahan budidaya kina juga sebaiknya memiliki pH antara 4,6 sampai 6,5 dan suhu udara 13,5-21derajat Celcius.

Jika area budidaya sudah sesuai dengan syarat tumbuh tanaman kina, maka lahan tersebut bisa segera diolah dengan cara, seperti berikut.

  • Untuk penanaman baru: dilakukan pembongkaran pohon dan tunggul serta membersihkan lahan. Setelah itu, lahan diolah dan dibuat saluran drainase.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com