Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menghilangkan Kutu Beras, Bisa Pakai Bawang Putih

Kompas.com - 15/04/2023, 16:09 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kutu beras merupakan salah satu hama pasca panen yang sering dijumpai. Sebenarnya, kutu beras sudah ada saat beras nasih dalam bentuk gabah.

Pada fase tersebut, kutu meletakkan telurnya di dalam gabah. Telur-telur tersebut mengalami masa dormansi, sehingga saat gabah dijemur dan digiling terlihat baik-baik saja.

Beberapa saat kemudian, telur kutu menetas dan memakan bulir beras hingga menyebabkan adanya gumpalan karena air liur dan kotoran larva kutu beras.

Baca juga: Cara Mencegah Serangan Kutu Beras Pakai 3 Bumbu Dapur Ini

Selain di beras, kutu ini juga ditemukan di jagung, kacang-kacangan, sorgum, hingga jewawut. Hama pasca panen ini memiliki siklus hidup yang sangat cepat, maka dari itu perlu upaya pengendalian yang tepat.

Ilustrasi kutu beras. SHUTTERSTOCK/CHERDCHAI CHAIVIMOL Ilustrasi kutu beras.

Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (15/4/2023), berikut ini cara menghilangkan kutu beras menggunakan bahan-bahan alami yang ada di rumah.

Cabai kering

Cabai kering menjadi salah satu bahan alami yang dapat digunakan untuk mencegah serangan kutu beras. Cabai kering memiliki aroma pedas dan sensasi panas yang tidak disukai hama tersebut.

Daun jeruk

Selain menggunakan cabai kering, cara mengusir kutu beras juga bisa menggunakan daun jeruk. Beberapa lembar daun jeruk segar dimasukkan dalam wadah penyimpanan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Kutu Putih Pada Mangga dengan Mudah

Tunggu beberapa saat dan kutu akan hilang. Daun jeruk berfungsi sebagai penyerap kelembapan sekaligus mengeluarkan aroma yang tidak disukai kutu.

Bawang putih

Bawang putih sudah sering dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengusir hama tanaman. Ternyata, bahan alami ini juga bisa mengendalikan hama pasca pasca panen.

Aroma khas bawang putih tidak disukai kutu beras maupun mikroba lainnya. Cara menghilangkan kutu beras menggunakan bawang putih cukup dengan mengupas dan meletakkan bawang putih di atas permukaan beras atau di ujung ruangan tempat penyimpanan beras.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com