Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menyemai Benih Brokoli Sebelum Ditanam

Kompas.com - 08/05/2023, 14:51 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Brokoli adalah sayuran hijau dari keluarga Brassicaceae. Sekilas brokoli mirip dengan bunga kol hanya saja warna brokoli hijau sedangkan warna kembang kol putih.

Sama seperti tanaman kubis-kubisan lainnya, brokoli juga bisa dengan mudah ditanam. Bahkan, tanaman ini dapat ditanam menggunakan benih atau biji.

Benih brokoli akan tumbuh dengan baik pada tanah berhumus, gembur, porus, dan pH nya antara 6 sampai 7. Waktu tanam yang tepat yaitu di awal musim hujan atau awal musim kemarau.

Baca juga: Cara Menanam Brokoli di Pot, Bisa Dilakukan di Lahan Sempit

Sebelum ditanam, benih brokoli perlu disemai terlebih dahulu. Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Senin (8/5/2023), berikut cara menyemai benih brokoli dengan mudah.

Tanaman brokoliPixabay/jsbaw7160 Tanaman brokoli

Tata cara menyemai benih brokoli

Benih brokoli yang hendak disemai perlu direndam terlebih dahulu dalam air hangat bersuhu 50 derajat Celcius atau larutan previcur N (1 cc/l) selama 1 jam. Benih kemudian disebar secara merata di atas bedengan semai.

Sebelumnya, bedengan semai perlu ditambahkan kompos atau pupuk kandang terlebih dahulu. Setelah benih disebar, tutup dengan tanah tipis-tipis lalu tutup lagi dengan daun pisang selama 2 sampai 3 hari.

Bedengan semai sebaiknya diberi atap screen/kasa/plastik transparan. Persemaian ditutup dengan screen untuk menghindari serangan hama dan patogen.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Brokoli yang Benar

Setelah berumur 7 sampai 8 hari, bibit dipindahkan ke dalam bumbunan daun pisang atau pot plastik dengan media yang sama yaitu tanah dan pupuk kandang. Kemudian, siram setiap hari agar bibit tumbuh dengan baik.

Bibit sudah siap dipindah tanam setelah berumur 3 sampai 4 minggu atau saat sudah memiliki empat hingga 5 helai daun.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com