Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bunga Matahari di Taman, Ciptakan Suasana Ceria

Kompas.com - 29/08/2022, 12:32 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA. KOMPAS.com - Bunga matahari merupakan salah satu tanaman hias yang biasanya ditempatkan pada taman. Cara menanam bunga matahari yang mudah ditambah dengan penampilan yang cantik membuat banyak orang menyukai bunga berwarna kuning ini.

Bunga ini memiliki kelopak besar dengan warna kuning keemasan yang indah. Jika ditanam dalam jumlah banyak, bunga ini akan membuat taman terlihat berwarna. Lalu, kapankah waktu yang tepat untuk menanam bunga ini?

Dan bagaimana cara menanam bunga matahari yang benar? Mengutip dari Garden Health, Senin (29/8/2022), berikut penjelasan lengkapnya.

Baca juga: Cara Menanam Bunga Matahari, Bikin Halaman Rumah Lebih Cerah

Waktu yang tepat untuk menanam bunga matahari

Ilustrasi bunga matahari.Unsplash/aaronburden Ilustrasi bunga matahari.

Waktu menanam bunga matahari sebenarnya berbeda-beda tergantung varietasnya. Namun, pada umumnya benih bunga matahari ditanam awal bulan Maret hingga pertengahan Mei.

Saat membeli benih bunga matahari, sebaiknya untuk mengecek tanggal kadaluarsa benih. Jika memungkinkan, segeralah untuk menanam benih tersebut karena setiap benih pasti memiliki masa kadaluarsa.

Benih yang sudah kadaluarsa, tingkat pertumbuhannya sangat lambat bahkan terkadang ada yang tidak bisa tumbuh.

Baca juga: 8 Tips Menanam Bibit Bunga Matahari di Rumah

Menyemai benih

Selain memastikan tanggal kadaluarsa benih, pastikan juga bahkan benih yang akan ditanam dalam kondisi baik. Benih yang baik yaitu benih dari varietas tunggul, tidak catat, tidak terserang patogen tular benih, dan memiliki bentuk maupun ukuran yang seragam.

Benih yang sudah diseleksi, bisa segera disemai. Cara penyemaiannya yaitu dengan menaburkan benih pada baki semai yang sudah berisi media semai.

Kemudian, letakan baki tempat yang hangat dan cerah. Jangan lupa untuk lakukan penyiraman secara rutin agar perkecambahan benih semakin cepat.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com