Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Pupuk KCl dan Manfaatnya untuk Tanaman?

Kompas.com - 12/09/2022, 14:50 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Salah satu langkah penting untuk memastikan tanaman tumbuh sehat, subur, dan menghasilkan panen yang baik adalah pemberian pupuk. Ada banyak jenis pupuk yang dibutuhkan tanaman, yakni pupuk organik dan pupuk kimia.

Salah satu pupuk yang bermanfaat untuk tanaman adalah pupuk KCl. Dikutip dari laman Cybex Kementerian Pertanian RI, Senin (12/9/2022), pupuk KCl adalah salah satu penyubur tanah yang bersifat anorganik tunggal dengan konsentrasi tinggi.

Pupuk KCl mengandung sekitar 60 persen K2O sebagai kalium klorida yang sangat cocok digunakan pada berbagai tanaman yang toleran terhadap unsur klorida, serta digunakan pada tanah dengan kadar klorida yang rendah.

Baca juga: Tips Pemberian Pupuk untuk Tanaman Terong yang Tepat

Ilustrasi pupuk KCl.SHUTTERSTOCK/CRINIGER KOLIO Ilustrasi pupuk KCl.

Pupuk yang mengandung kalium harus diterapkan di mana cadangan kalium tanah tidak memadai. Kalium bisa diterapkan sebagai pupuk langsung, atau sebagai bagian dari pupuk yang dicampur dengan senyawa nitrogen dan fosfor.

Berikut ini beberapa manfaat pupuk KCl untuk tanaman.

1. Meningkatkan hasil panen

Kandungan klorida dalam pupuk KCL bisa membantu meningkatkan hasil panen, yaitu dengan meningkatkan resistensi penyakit pada tanaman.

2. Meningkatkan kualitas buah

Salah satu fungsi unsur hara dalam kalium yang umumnya terkandung dalam pupuk KCl adalah untuk menghasilkan kualitas buah yang baik, seperti menjadikan buah lebih besar, lebih berat, dan lebih manis.

Baca juga: Pemberian Pupuk NPK untuk Tanaman, Lebih Baik Ditabur atau Dikocor?

Hal ini disebabkan kalium bisa membantu proses transfortasi glukosa di dalam tanah. Hal ini tentu saja dapat mengoptimalkan manfaat buah-buahan atau sayuran yang ditanam.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com