Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pupuk Kaltim Bantu Petani Kembangkan Usaha Pertanian lewat Program Ini

Kompas.com - 24/08/2022, 18:00 WIB
Siti Nur Aeni ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pupuk Kalimantan Timur adalah salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang pertanian, khususnya produksi pupuk.

Sebagai salah satu perusahaan milik negara, PT Pupuk Kaltim terus berupaya membantu petani lokal mengembangkan usaha di bidang pertanian.

Baca juga: Cara Membuat Pupuk Tanaman Pakai Garam Dapur

Salah satu terobosan yang dikeluarkan perusahaan ini adalah program Makmur dan Agro Solution. Makmur yang adalah akronim dari Mari Kita Majukan Usaha Rakyat merupakan program kemitraan petani bersama Pupuk Kaltim.

Kantor Pupuk Kaltim di Bontang Kalimantan TimurKOMPAS.com/ Bambang P. Jatmiko Kantor Pupuk Kaltim di Bontang Kalimantan Timur

Petani yang mengikuti program tersebut akan mendapatkan pendampingan dari pratanam hingga pascapanen. Program ini awalnya ditujukan untuk petani yang bergerak di empat komoditas, yaitu kopi, tebu, padi, dan jagung. 

Seiring berjalannya waktu, program tersebut dikembangkan menjadi Agro Solution yang mencangkup lebih banyak komoditas tanaman.

Staf SVP Tranformasi Bisnis PKT sekaligus Perwakilan Makmur, Yusva Sulistyo dalam webinar bertajuk "Cerdas Budidaya Tanaman Lewat Pemupukan Berimbang", menyebutkan Agro Solution adalah pendampingan intensif kepada petani dan budi daya pertanian berkelanjutan yang melibatkan rantai pasok serta didukung teknologi berbasis triple botton line 3P (people, planet, dan profit). 

Baca juga: 2 Cara Memakai Pupuk NPK pada Tanaman agar Tumbuh Subur

Pengembangan Makmur di Indonesia Timur

Saat ini, pengembangan program Makmur masih terus dilakukan. Namun, Yusva menyebutkan pengembangan program tersebut masih fokus di Indonesia Timur.

Ia juga menuturkan harapannya lewat program tersebut pertani di Indonesia Timur bisa mandiri. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com