Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Varietas Kacang Tanah yang Mempunyai Sifat Unggul

Kompas.com - 18/01/2023, 12:38 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kacang tanah merupakan tanaman kacang-kacangan yang banyak dibudidayakan. Umumnya, ada dua jenis kacang tanah yang tumbuh di Indonesia yaitu jenis kacang tanah tipe tegak dan menjalar.

Selain itu, varietas kacang tanah yang dibudidayakan di Indonesia juga sangat beragam. Melansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (18/1/2023), berikut ini beberapa varietas kacang tanah unggul yang banyak tumbuh di Indonesia.

1. Varietas jerapah

Varietas jerapah adalah varietas kacang tanah yang memiliki kemampuan adaptasi tinggi. Varietas ini tahan terhadap lahan kering dan masam.

Baca juga: Simak, Cara Menanam Kacang Tanah yang Benar

Produktivitas rata-rata kacang ini mencapai 1,92 ton/ha. Bentuk polong varietas jerapah lonjong bulat dengan ukuran biji sedang (40 sampai 50 g/100 biji).

Kacang tanah jerapah diketahui tahan terhadap penyakit layu bakteri, toleran terhadap bercak daun, dan karat daun. Tanaman ini bisa dipanen saat berumur 90 hingga 95 hari.

Kacang tanahPixabay/forestmu Kacang tanah

2. Varietas anoa

Jenis kacang tanah lainnya yaitu kacang tanah varietas anoa. Jenis kacang tanah ini diketahui memiliki sifat unggul, seperti; tahan terhadap penyakit layu, penyakit karat, daun dan penyakit bercak coklat daun.

Produktivitas tanaman ini juga cukup tinggi yaitu sekitar 1,8 ton/ha. Sementara itu, umum panen tanaman ini sekitar 100 hingga 110 hari.

Baca juga: Pedoman Budidaya Kacang Tanah yang Mudah Dilakukan

3. Varietas tapis

Varietas kacang tanah lainnya yaitu varietas tapir. Jenis kacang tanah ini diketahui tahan layu dan mempunyai nilai produktivitas 1,8 sampai 2 ton/ha. Tanaman kacang tanah ini bisa dipanen saat berumur 95 hingga 100 hari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com