Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manfaat Serai Wangi untuk Tanaman, Bisa Mengusir Hama

Kompas.com - 04/02/2023, 20:36 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Serangan hama menjadi salah satu masalah yang dihadapi dalam budidaya tanaman. Hama tersebut dapat merusak tanaman serta mengganggu pertumbuhan tanaman.

Bahkan saat serangan hama sudah sangat masif, tanaman bisa gagal panen hingga mati. Sejauh ini, petani menggunakan pestisida kimia untuk membasmi hama tersebut.

Akan tetapi, kesadaran akan pertanian berkelanjutan membuat petani mulai beralih ke bahan organik. Tak terkecuali pada cara mengendalikan hama.

Baca juga: Cara Menanam Serai Wangi, Tanaman Penghasil Minyak Atsiri

Salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi hama yaitu serai wangi. Dikutip dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (4/1/2023), tanaman serai wangi mudah ditanam.

Biasanya, serai wangi mulai berproduksi di umur 7 sampai 8 bulan. Biasanya, daun serai wangi bisa dipanen sebanyak 3 sampai 4 kali dalam setahun.

Ilustrasi serai atau sereh, tanaman sereh, menanam sereh.SHUTTERSTOCK/PERNSANITFOTO Ilustrasi serai atau sereh, tanaman sereh, menanam sereh.

Manfaat serai wangi bagi tanaman

Serai wangi mengandung minyak atsiri yang bisa menjadi bahan penolak, menghambat makan, dan membunuh hama. Aplikasi serai wangi diketahui bisa mengacaukan aroma penarik tanaman inang yang membuat hama mendatangi tanaman tersebut.

Jika aroma tersebut tidak tercium, maka hama tidak akan mendatangi tanaman inang. Kondisi tersebut juga membuat pertumbuhan dan perkembangan hama terhambat.

Baca juga: Jangan Dibuang, Begini Cara Membuat Pestisida dari Biji Srikaya

Selain itu, minyak atsiri dalam serai wangi juga bisa memberikan efek iritasi. Akibatnya integumen hama bisa rusak dan menyebabkan proses transpirasi terganggu, sehingga hama menjadi mati.

Keuntungan menggunakan pestisida nabati dari serai wangi

Selain bisa menghalau hama, penggunaan pestisida nabati dari serai wangi juga mendatangkan beberapa keuntungan lainnya. Aplikasi pestisida nabati dari serai wangi dinilai lebih aman untuk lingkungan.

Pasalnya, pestisida ini berasal dari bahan alami yang cepat terurai. Selain itu, harga pestisida ini juga lebih murah dibandingkan pestisida kimia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com