Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Menanam Buah dalam Pot agar Produktivitasnya Optimal

Kompas.com - 08/02/2023, 16:32 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menanam buah dalam pot kini banyak dipilih karena bisa diterapkan dimana saja, tak terkecuali lahan sempit. Sistem budidaya ini dikenal juga dengan nama tabulampot.

Budidaya tanaman buah dalam pot sebenarnya cukup mudah. Hanya saja ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Rabu (8/2/2023), berikut sejumlah tips menanam buah dalam pot yang perlu dipahami.

Baca juga: 6 Buah yang Cocok Ditanam dengan Sistem Tabulampot

1. Memilih jenis tanaman yang tepat

Hampir seluruh jenis tanaman buah bisa ditanam dengan sistem tabulampot. Akan tetapi, tidak semua tanaman tabulampot bisa menghasilkan buah. Maka dari itu, sebelum menanam tabulampot pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu jenis tanaman yang cocok ditanam di dalam pot.

2. Pilih bibit berkualitas

Ilustrasi menanam buah naga di potShutterstock/Arie Rinanda Ilustrasi menanam buah naga di pot

Bibit tanaman yang berkualitas sangat mempengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman. Bibit yang berkualitas yaitu bibit yang pertumbuhannya normal dan bebas dari serangan hama maupun penyakit. Jenis bibit tabulampot bisa didapat dari perbanyakan generatif dan vegetatif.

3. Gunakan media tanam yang subur

Pertumbuhan tanaman di dalam pot juga sangat dipengaruhi oleh media tanam yang digunakan. Media tanam berfungsi untuk menopang pertumbuhan tanaman, menyimpan air, dan menyediakan nutrisi.

Baca juga: 6 Faktor yang Menyebabkan Tabulampot Sulit Berbuah, Apa Saja?

Sangat dianjurkan menggunakan media tanam yang subur dari campuran tanah, kompos, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan media tanam dari campuran tanah, pupuk kambing, dan sekam padi dengan perbandingan 1:1:1.

4. Penanaman dengan benar

Penanaman buah dalam pot harus dilakukan dengan benar. Cara menanam tabulampot yang benar yaitu dengan meletakkan bibit pada pot dan tutup akar dengan media tanam. Pastikan bibit tidak roboh saat penanaman.

5. Lakukan perawatan dengan rutin

Kegiatan perawatan yang dibutuhkan dalam budidaya tabulampot, antara lain; penyiraman, pemangkasan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit, serta mengganti media dan pot.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com