Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menanam Bayam di Polybag, Mudah untuk Pemula

Kompas.com - 18/03/2023, 10:53 WIB
Siti Nur Aeni

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bayam merupakan salah satu sayuran yang mudah ditanam, bahkan bisa ditanam dalam polybag dan diletakkan di lahan sempit. Cara menanam bayam di polybag juga cukup mudah, bahkan bisa dilakukan oleh pemula.

Dilansir dari Cybext Kementerian Pertanian, Sabtu (18/3/2023), berikut ini cara menanam bayam di pot atau polybag.

Menyiapkan benih

Benih dipilih dari varietas unggul yang berkualitas tinggi. Benih bisa diperoleh dari toko pertanian terpercaya atau e-commerce.

Baca juga: Cara Menanam Bayam Merah, Mudah dan Cepat Panen

Ilustrasi menanam bayam di pot. SHUTTERSTOCK/VAIVIRGA Ilustrasi menanam bayam di pot.

Menyiapkan polybag dan media tanam

Selain menyiapkan benih, siapkan juga polybag yang sudah berlubang agar aliran drainasenya lancar. Tak hanya itu, siapkan juga media tanam dari campuran tanah, arang sekam, dan pupuk organik dengan perbandingan 1:1:1.

Setelah itu, masukkan media tanam dalam polybag dan tambahkan juga pupuk NPK sebanyak 1 sendok makan untuk polybag besar dan setengahnya untuk polybag kecil. Pupuk NPK dicampur secara merata, dan siram sampai media tanam lembap.

Penanaman dan perawatan tanaman

Cara menanam bayam di polybag yaitu dengan menaburkan benih pada polybag dan tutup dengan tanah secara tipis. Kemudian, siram dengan air.

Baca juga: Tidak Sulit, Begini Cara Budidaya Bayam Jepang atau Horenzo

Tempatkan polybag berisi benih bayam di area yang tidak terkena air hujan secara langsung. Setelah 2 hingga 3 hari, benih bayam mulai tumbuh.

Lakukan penyiraman secara rutin satu kali sehari di pagi maupun sore. Kemudian, lakukan juga pemupukan 5 hingga 7 hari sekali dengan cara menyiramkan pupuk NPK di sekitar perakaran

Panen

Tanaman bayam bisa dipanen setelah berumur 20 hingga 25 hari setelah penanaman. Cara panennya yaitu dengan mencabut seluruh bagian tanaman, lalu buang akarnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Video Pilihan Video Lainnya >

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com